Rahmanto Dorong Pemdes di Barsel Menggali Potensi Desa

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Barsel Ir. Rahmanto Rahman.

BUNTOK – Pemerintahan Desa (Pemdes) diimbau lebih kreatif dalam pengelolaan Dana Desa (DD) untuk pembangunan kedepannya sehingga pengelolaan jangan hanya bergantung pada ketersediaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) saja.

“Namun memanfaatkan peluang lainnya, seperti mengoptimalkan lagi potensi Sumber Daya Alam (SDA) untuk pendapatan asli desa serta peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM),”kata anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Ir. Rahmanto Rahman kepada beritasampit.co.id Kamis, 16 September 2021.

BACA JUGA:   Komisi I Nilai Penyaluran Bantuan Covid-19 di Desa Tanjung Jawa dan Teluk Mampun Berjalan Baik

Dikatakannya, hal tersebut karena seluruh desa yang ada di Kabupaten Barsel memiliki potensi untuk dikembangkan namun semuanya itu tinggal bagaimana menjalankan sistem pengelolaan dan tertib administrasi agar lebih baik lagi kedepannya.

“Semuanya tinggal bagaimana, dalam menjalankan sistem pengelolaan dan tertib administrasi agar lebih baik lagi untuk kedepannya,”Katanya.

Menurut politisi PKS ini, menggunakan dana pembangunan secara efektif dan efisien oleh perangkat desa juga perlu diperhatikan untuk menunjang kemajuan desanya sedangkan untuk anggaran hendaknya di alokasikan untuk penyediaan sarana dan prasarana.

BACA JUGA:   BPBD Barsel Sebut Debit Air Masih Normal

“Seperti penunjang program pembangunan desa diantaranya seperti, pembangunan pasar, balai pertemuan desa dan fasilitas umum yang lainnya,”Jelasnya.

Lebih lanjut ditambahkannya, kepada aparatur desa dihimbau supaya terus mengembangkan potensi diri yang bertujuan agar anggaran pembangunan didukung dengan sistem administrasi dan pelaporan keuangan yang sesuai.

“Maka dengan pengembangan potensi diri tersebut, diharapkan dapat menghindari temuan yang menjadikan aparatur desa tersandung permasalahan hukum”tukas Rahmanto Rahman.

(Ded/beritaampit.co.id)