Jarliansyah : Tumbuhkan Iklim Usaha UMKM di Barsel

IST/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi III DPRD Barsel Jarliansyah.

BUNTOK – Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Jarliansyah mengharapkan kepada instansi terkait agar bisa membantu menumbuhkan iklim Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di wilayah Barsel.

Sebab UMKM, merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan pekerjaan serta memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat bahkan juga dapat berperan dalam proses.

“Pemerataan dan peningkatan, pendapatan masyarakat serta mendapat pertumbuhan ekonomi di saat masa pademi seperti saat sekarang ini,” kata Jarliansyah kepada beritasampit.co.id. Jumat 17 September 2021.

BACA JUGA:   Asyik, Desa Danau Sadar Segera Miliki Wisata Kuliner dan Kolam Pemancingan Ikan

Dikatakannya, selain itu UMKM juga merupakan salah satu pilar utama ekonomi yang harus memperoleh kesempatan utama serta dukungan perlindungan dan pengembangan yang seluas-luasnya yakni.

“Sebagai wujud, keberpihakan kepada kelompok usaha rakyat namun tentunya tanpa mengabaikan peranan usaha besar dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN),”Jelasnya.

Menurut Jarliansyah, walaupun UMKM telah menunjukan perannya dalam perekonomian akan tetapi masih ada kendala baik yang bersifat internal maupun eksternal seperti produksi, pengelolaan, pemasaran, Sumber Daya Manusia (SDM), iklan usaha dan permodalan.

BACA JUGA:   Pemkab Barsel Terus Berupaya Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Sistem Digitalisasi

“Masih ada kendala yang bersifat internal dan eksternal seperti produksi, pengelolaan, pemasaran, SDM, ikaln usaha dan permodalan,”tetangnya.

Ditambahkannya untuk meningkatkan kemampuan, kesempatan dan berjalannya UMKM telah ditetapkan berbagai kebijakan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM akan tetapi masih belum optimal.

“Oleh karenanya, maka tumbuhkan lah iklim usaha UMKM di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini sehingga perekonomian masyarakatpun akan meningkat,”tukas Jarliansyah.

(Ded/beritasampit.co.id)