Duh! Baru Dibersihkan jalan Ki Hajar Dewantara Kotor Lagi

IST/BERITA SAMPIT - Dua anggota Pemuda Karang Taruna Kotim, tampak kebali membersihkan sampah yang dibuang oknum tak bertanggung jawab di Jalan Ki Hajar Dewantara Sampit. Sabtu 18 September 2021.

SAMPIT – Baru dibersihakan, keesokan harinya ada lagi sejumlah sampah yang dibuang orang yang tak bertanggung jawab dijalan Ki Hajar Dewantara, tepatnya disamping Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Tindakan oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut, tentunya membuat pihak sekolah serta warga yang melintas di kawasan tersebut berang. Mereka menilai, oknum yang membuang sampah sembarangan tersebut harus diberikan sanksi moral yang berat, biar tidak lagi melakukan aksi merugikan tersebut.

Salah satunya seperti yang diungkapkan Hidayat salah seorang perwakilan Pemuda Karang Taruna Kabupaten Kotim, yang menanggapi bahwa kebiasaan oknum yang tidak memperdulikan kebersihan lingkungan, terutama di sekitar kawasan pendidikan, tidak bisa di toleransi lagi.

Apa lagi kejadian tumpukan sampah yang menggunung di sekitar kawasan pendidikan dan jalan umum tersebut sudah terjadi yang kesekian kalinya, namun tidak ada efek jera yang diberikan kepada oknum warga yang sengaja membuang sampah tersebut.

BACA JUGA:   Jelang Harati Bongkar Pasang Pejabat, Nama Johny dan Marjuki Tergeser?

“Kita sangat prihatin, kok masih ada orang yang tega tidak peduli dengan kebersihan lingkungan. Apa lagi orang sudah cape bergotong royong membersihkan, baru satu hari bersih, eh esok harinya ada lagi sampahnya,”kata Hidayat kepada media ini, Sabtu 18 September 2021.

Dirinya juga mengapresiasi kepada pihak Sekolah setempat, telah memasang kamera pengintai untuk mencegah dan mengetahui siapa oknum yang sengaja mengotori dan membuang sampah di jalan arah barat jalan Ki Hajar Dewantara tersebut.

“Jika masih ada yang buang sampah disekitar kawasan itu, siap-siap saja wajahnya viral. Mungkin ini sanksi yang tepat, masyarakat yang memberikan hukumannya,” tutupnya.

Sebelumnya, pada Jumat 17 September 2021, Pemuda Karang Taruna Kotim, bersama para pelajar bergotong royong membersihkan tumpukan sampah di jalan tersebut.

BACA JUGA:   PMII Sampit Siap Cetak Kader Berjiwa Idealis dan Berintegritas

Bahkan, Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah Abdul Hafid, juga terjun langsung turut bergotong royong membersihkan gundukan sampah itu.

“Semoga tidak ada lagi warga atau masyarakat yang membuang sampah ditempat yang bukan TPS. Ini perlu kesadaran dari masyarakat itu sendiri, buanglah sampah dilokasi atau depo yang sudah dibangun oleh pemerintah daerah. Semoga kegiatan kebersihan ini menjadi contoh bahwa bersih itu indah dan bersih itu sehat,”ujarnya.

Sebelumnya juga, Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor, sempat geram dengan tindakan oknum masyarakat yang berulah membuang sampah sembarangan.

Dia meminta warga, terutama yang berada di sekitar jalan tersebut turut membantu mengawasi dan peduli terhadap kebersihan lingkungan. Sehingga tangan-tangan jahil yang tidak mengindahkan keasrian lingkungan tersebut tidak bisa berulah lagi.

(Cha/beritasampit.co.id)