Siloam Hospital Bantu Warga Terdampak Banjir di Katingan

MENGUNJUNGI : IST/BERITA SAMPIT - Tim Manajemen Siloam Hospitals Palangka Raya saat mengunjungi desa Tumbang Runen, Kecamatan Kamipang, Kalimantan Tengah

PALANGKA RAYA – Tim Manajemen Siloam Hospitals Palangka Raya menggelar aksi donor darah, sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan Corporate Social Responsibility (CSR).

Aksi donor darah tersebut, turut dilengkapi kegiatan donasi sembako, serta pakaian layak pakai bagi masyarakat yang terdampak bencana banjir di daerah pelosok desa Tumbang Runen, Kecamatan Kamipang, Kalimantan Tengah.

Pada kesempatan itu M. Darmawan, yang merupakan Pimpinan Laboratorium PMI kota Palangka Raya mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan program rutin yang diadakan setiap bulan yang menghasilkan sekitar lebih dari 1200 kantong darah.

Selain itu, kegiatan donor darah tersebut, dilakukan berdasarkan krisis cadangan stok darah, dari Palang Merah Indonesia unit Kota Palangka Raya.

“Namun sejak diberlakukannya pembatasan kegiatan karena Pandemi Covid-19, kami mulai krisis cadangan darah karena tidak datangnya pendonor rutin dan aksi donor terbatas,” ucapnya, Minggu 19 September 2021.

Menurut Darmawan, pihaknya kembali terbantu dengan adanya kegiatan bakti sosial donor darah yang dilakukan Siloam Hospitals Palangka Raya guna membantu mengisi ketersediaan stok darah untuk PMI Palangka Raya.

BACA JUGA:   Heboh, Mobil Pikap Terbakar Depan Kantor Kesbangpol

“Ada tambahan 26 kantong darah dari Siloam Hospitals untuk hari ini. Kami mengucapkan terima kasih dengan kepedulian Siloam Hospitals atas kegiatan donor darah yang diselenggarakan. Ini sangat membantu kami dalam memenuhi cadangan darah yang sewaktu waktu dibutuhkan masyarakat di kota Palangka Raya,” pungkasnya.

Adapun dalam kegiatan donor darah, tim CSR Siloam Hospitals Palangka Raya mensyaratkan sejumlah hal sesuai protokol kesehatan agar kegiatan donor berlangsung dengan aman dan tertib.

Ada 50 pendonor yang hadir, dari pendonor, hanya 26 kantong darah yang terkumpul. Dominan pendonor telah mendapatkan vaksin Covid-19.

Hanya saja beberapa syarat sehat tidak terpenuhi, misalnya aliran darah pendonor tidak lancar dan beberapa mengidap hipertensi.

“Mudah mudahan baksos ini dapat membantu memenuhi tambahan cadangan darah bagi PMI Palangka Raya dan kami akan lakukan kembali aksi ini pada kesempatan lainnya,” kata ketua CSR Siloam Hospitals Palangka Raya dr Kevin Chrisanta.

Kevin menjelaskan selain menggelar aksi donor darah, tim CSR Siloam Hospitals Palangka Raya melanjutkan aksi kemanusiaan, dengan mendatangi dua tempat yaitu Kantor Kecamatan Kamipang, dan desa Tumbang Runen di Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan pada Sabtu 18 September 2021 kemaren, guna menyampaikan sembako serta pakaian layak pakai dari donasi yang terkumpul di kota Palangka Raya.

BACA JUGA:   Anggota Komisi II Dorong Pemprov Kalteng Miliki Stok Pangan

“Lokasi dan Jalur jalan menuju desa Tumbang Runen yang hanya bisa dilalui menggunakan perahu dengan kondisi air sungai meluap dan membanjiri desa. Kami tempuh perjalanan tersebut agar bantuan sembako dan pakaian layak pakai ini dapat digunakan warga desa Tumbang Runen,” lugasnya.

Pada kesempatan itu kepala Desa Tumbang Runen Remeng mengaku senang dengan kedatangan tim dari Rumah Sakit Siloam Palangka Raya, yang menghantarkan bantuan secara langsung ke desa, dan area pengungsian, dimana masih ada warga kami yang belum kembali ke desa karena rumah mereka masih dalam proses pembersihan dari dampak banjir.

“Saya bahagia sekali dengan kunjungan dan bantuan ini, Terima kasih Siloam Hospitals Palangka Raya atas Budi baiknya kepada warga desa Tumbang Runen,” tandasnya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)