Pemprov Kalteng Serahkan Ranperda RPJMD ke DPRD

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menghadiri Rapat Paripurna Ke-2 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2021, DPRD Provinsi Kalteng yang dilaksanakan secara virtual dari Ruang Rapat Wagub Kalteng, Senin 20 September 2021.

Rapat tersebut dipimpin Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyatno dengan agenda Rapur yakni mendengarkan Pidato Pengantar Gubernur Dalam Rangka Penyerahan Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalteng Tahun 2021-2026.

Edy Pratowo menyampaikan Raperda RPJMD Provinsi Kalteng Tahun 2021-2026 tersebut sebagai bahan pembahasan, untuk nantinya bisa mencapai kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi Kalteng dengan DPRD Provinsi Kalteng.

“Seperti diketahui bersama, Provinsi Kalteng saat ini sedang dalam proses penyusunan RPJMD Tahun 2021-2026, dimana saat ini telah memasuki tahapan penyusunan Rancangan Akhir RPJMD,” ucapnya.

BACA JUGA:   Polda Kalteng Gencar Laksanakan Vaksinasi

Rancangan Akhir RPJMD tersebut telah melalui sejumlah tahapan penyusunan perencanaan, antara lain, pertama, konsultasi Publik yang telah dilaksanakan tanggal 12 Juli 2021.

Kedua, konsultasi Ranwal RPJMD melalui kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi Kalteng dan DPRD pada tanggal 27 Juli 2021.

Ketiga, konsultasi Rancangan Awal (Ranwal) RPJMD kepada Menteri Dalam Negeri pada tanggal 10 Agustus 2021.

Keempat, Forum Perangkat Daerah yang dilaksanakan tanggal 24 Agustus 2021. Kelima, musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksanakan pada 2 September 2021 lalu, dengan melibatkan seluruh stakeholder di Kalteng.

Terakhir, pasca Musrenbang sebagai finalisasi Rancangan RPJMD Prov. Kalteng yang baru saja dilaksanakan pada tanggal 8, 9 dan 10 September 2021 yang lalu.

RPJMD Provinsi Kalteng Tahun 2021-2026 diharapkan mampu memecahkan berbagai persoalan dan isu strategis yang berkembang, serta menjadi arah dan panduan pembangunan lima tahun ke depan.

BACA JUGA:   Dishut Kalteng Gencarkan Tertibkan Perambahan Kayu Ilegal di DAS Barito

“Pembangunan Provinsi Kalteng lima tahun ke depan tetap diprioritaskan pada bidang Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan, dan Perekonomian dalam arti luas, dengan memperhatikan masalah lingkungan hidup menuju pembangunan berkelanjutan,” pungkasnya.

RPJMD merupakan penjabaran Visi, Misi, dan program Kepala Daerah terpilih, yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, pembangunan daerah dan keuangan daerah, serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah, yang disertai kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 tahun, yang disusun dengan berpedoman pada RPJPD, RTRW, dan RPJMN, dengan Visi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Terpilih adalah ”Kalteng Makin Berkah”.

(Hardi/Beritasampit.co.id)