Selama 14 Hari Satlantas Polres Barut Akan Gelar Operasi Patuh Telabang

SIMBOLIS: IST/BERITA SAMPIT- Polres Barito Utara Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Telabang bertempat di halaman Mapolres setempat. Senin, 20 September 2021.

MUARA TEWEH – Kapolres Barito Utara AKBP Dodo Hendro Kusuma memimpin langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Telabang 2021 dalam rangka kedisiplinan berlalu lintas mewujudkan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu lintas (Kamseltibcarlantas) bertempat di halaman Mapolres setempat. Senin, 20 September 2021.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr. Dedi Prasetyo, amanatnya disampaikan Kapolres Barito Utara AKBP Dodo Hendro Kusuma menyampaikan permasalahan di bidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis.

Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas. Sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut. Polisi lalu lintas terus berupaya melaksanakan program Kapolri yang disebut presisi prediktif, responsibilitas, transparansi berkeadilan,” ujarnya.

Operasi Patuh Telabang bertujuan untuk mewujudkan dan memelihara Kamseltibcarlantas, menurunkan angka kecelakaan, membangun budaya tertib berlalu lintas, serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

“Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas. Dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas,” ungkapnya.

Ditambahkannya guna meningkatkan disiplin Prokes dan tertib berlalu lintas mewujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap Polri melaksanakan operasi kepolisian di tingkat Polda, Polres dengan sandi Operasi Patuh Telabang 2021, dilaksanakan 14 hari dimulai tanggal 20 September sampai 03 Oktober 2021 serentak di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut adapun target operasi antara lain memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta mencegah terjadinya kerumunan massa, terciptanya Kamseltibcarlantas, memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan jumlah fatalitas korban laka lantas serta menurunkan level PPKM.

Apel dihadiri Wakapolres Barito Utara, PJU Polres Barut, Kasdim 1013/MTW, Dishub Kabupaten Barito Utara, Satpol PP dan Damkar Barito Utara. Sedangkan pasukan apel terdiri dari Kodim 1013 Muara Teweh, Sub Den Pom XII/2-3 1, Dinas Perhubungan Kabupaten Barut, Satpol PP dan Damkar.

(ISK/beritasampit.co.id)