Dewan Minta Pemkab Katingan Hitung Kerugian Banjir

KAWIT/BERITA SAMPIT - Ketua Komisi II DPRD Katingan Rudi Hartono

KASONGAN – Ketua Komisi II DPRD Katingan Rudi Hartono menyarankan pemerintah daerah menghitung kerugian negara akibat banjir besar yang melanda kabupaten yang berjuluk Penyang Hinjei Simpei itu.

“Kita berharap pemerintah daerah untuk segera menghitung berapa kerugian yang diakibatkan oleh banjir besar di wilayah Katingan ini,” sebut Rudi Hartono, anggota DPRD Kabupaten Katingan, Selasa, 21 September 2021.

Dirinya menaksir kerugian yang diakibatkan banjir lebih dari Rp 600 miliar. Pasalnya, selain merusak infrastruktur jalan maupun jembatan, banjir juga merusak fasilitas pemerintah dan rumah penduduk.

Hal ini bisa dilihat dari jalan aspal dan jembatan yang rusak akibat tergerus arus banjir di wilayah hulu, juga terjadi di bagian tengah dan hilir Katingan.

“Karena kita berharap kepada pemerintah pusat agar bisa memberikan bantuan untuk memperbaiki infrastruktur, apakah itu jalan, jembatan, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan dan fasilitas lainnya,” katanya.

Selain itu, ujar politisi Partai Golkar ini ada juga rumah- rumah penduduk setelah banjir tidak bisa lagi ditempati. Hal ini juga harus menjadi perhitungan.

(kawit/beritasampit.co.id)