Serahkan 4 Bantuan Sosial untuk Masyarakat Desa Tampijak, Ini Pesan Bupati Barsel

DED/BERITA SAMPIT - Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri, ST saat menyerahkan BLT-DD secara simbolis kepada masyarakat penerima di Desa Tampijak.

BUNTOK – Bupati Barito Selatan (Barsel) H. Eddy Raya Samsuri, ST secara simbolis menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk masyarakat Desa Tampijak, Kecamatan Karau Kuala, Selasa 21 September 2021 bertempat di Balai Desa setempat.

Selain menyerahkan BLT-DD Eddy Raya Samsuri juga menyerahkan bantuan sosial Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Penyerahan bantuan ini bertepatan dengan peringatan hari jadi Kabupaten Barsel yang Ke-62 tahun.

Eddy menjelaskan, penyerahan bantuan seperti BLT-DD memang diperuntukan bagi masyarakat yang dikategorikan kurang mampu yakni mereka yang tidak menerima bantuan sosial PKH, BPNT dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

“Sehingga bantuan ini kita harapkan tepat sasaran bagi masyarakat yang benar-benar menerimanya. Maka melalui bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat,” katanya.

BACA JUGA:   Kesadaran Masyarakat Barsel Taati Prokes Meningkat

Dalam kesempatan itu, bahkan diserahkan bantuan peralatan hand tractor yang diberikan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah. Hand tractor ini merupakan alat atau mesin untuk mempermudah pekerjaan petani dalam mengolah tanah sawahnya.

“Tentunya dengan adanya bantuan hand tractor ini akan berguna dan bermanfaat bagi petani kita di Desa Tampijak dalam mengolah tanah sawahnya,” jelas Eddy Raya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Barsel Selviriyatmi, SP, M.Si mengatakan, untuk BLT-DD ada 13 penerima yang setiap bulanya menerima uang tunai sebesar Rp. 300.000 per bulan dan penerimaan ini untuk bulan September 2021.

“Sedangkan untuk BNPT ada 31 keluarga yang menerima bantuan ini sebesar Rp. 300.000 namun harus dibelanjakan dalam bentuk pangan di e-warung yang ditunjuk oleh pihak Bank Mandiri,” terangnya.

BACA JUGA:   Pemkab Barsel Optimis Capai Target Vaksinasi

Untuk bantuan KKS, lanjutnya, yang menerima sebanyak 64 penerima manfaat yakni berupa uang tunai sebesar Rp. 300.000 dan untuk PKH sebanyak 16 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berupa uang tunai.

“Sedangkan untuk besarannya pun tidak sama karena tergantung berapa komponen yang ada di dalam keluarga KPM tersebut misalnya ada bayi, anak sekolah, lansia dan ibu hamil,” ungkap Selviriyatmi.

Dengan digelontorkannya bantuan-bantuan ini, Dia berharap masyarakat bisa memanfaatkan untuk kebutuhan pokok dan untuk mengentaskan kemiskinan khususnya di Desa Tampijak.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Barsel Satya Titiek Atyani Djoedir, Unsur Forkopimda, anggota DPRD Barsel, Kadishub Barsel, Kepala Bappeda Barsel, Camat Karau Kuala beserta unsur Muspika dan seluruh Kades se-Kecamatan Karau Kuala. (Ded/beritasampit.co.id).