Hanafi Minta Pemkab Katingan Cari Solusi Atasi Banjir

KAWIT/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kabupaten Katingan H Hanafi.

KASONGAN – Anggota DPRD Kabupaten Katingan H Hanafi meminta pemerintah daerah untuk membuat kajian kebijakan terkait banjir yang hampir setiap tahun terjadi di Kabupaten Katingan.

“Saya minta Pemda membuat kajian kebijakan mengenai banjir, apa saja penyebabnya dan apa sulusinya. Kalo kita perhatikan banjir setiap tahun meningkat,” ujar Hanafi dengan beritasampit.co.id. Rabu 22 September 2021.

Menurut Hanafi Pemda melalui dinas terkait harus membangun komunikasi dan sinergitas dengan pemerintah provinsi maupun pusat.

Pasalnya, penanganan banjir bukan hanya soal distribusi bantuan dan penanganan pasca banjir yang diperlukan, ia menyebutkan persoalan utama adalah mengatasi penyebab banjir.

BACA JUGA:   Happinas Serahkan Bantuan Kepada Masyarakat Desa Baun Bango

Dia mencontohkan soal pendangkalan air sungai ataupun soal kerusakan lingkungan, tentunya masalah ini harus dikaji dan didukung semua pihak.

Sekretaris fraksi PKB itu juga mengakui bencana banjir yang melanda Katingan memberikan banyak hikmah dan pelajaran untuk lebih melestarikan lingkungan.

Selain itu banjir juga mengajarkan tentang nilai-nilai kemanusiaan dan gotong royong di dalam bermasyarakat.

“Kepedulian terhadap sesama sangat kita rasakan selama banjir, bantuan dari berbagai pihak terus mengalir ke Katingan. Bahkan saya sekarang bantu itu terus didistribusikan ke warga kita,” tambahnya.

BACA JUGA:   Madu Kelulut Banyak Khasiatnya, Pemkab Katingan Bahas Strategi Pemasaran dan Management Usaha

Dirinya berharap bencana banjir di kabupaten yang berjulukan bumi penyang Hinjei Simpei itu bisa secepatnya berakahir dan masyarakat kembali beraktivitas normal kembali.

“Doa dan harapan kita semua, semoga banjir tidak terulang. Kami juga ucapan semua pihak yang telah membantu meringankan warga kita yang terdampak banjir,” tutupnya.

(Kawit/Beritasampit.co.id)