DPRD Kalsel Harapkan Jembatan Alalak I Segera Diresmikan

Jembatan Alalak I Handil Bakti Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalsel yang merupakan "ikon" daerah pertanian pasang surut atau "Bumi Selidah" Batola.//Ist-antaranewskalsel.com/Istimewa;

BANJARMASIN – Kalangan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengharapkan, Jembatan Alalak I Handil Bakti di Kabupaten Barito Kuala (Batola), segera diresmikan.

“Jembatan Alalak I tersebut sudah selesai pembangunannya ketika kami meninjau 15 September lalu. Tanpa mengurangi rasa hormat serta keinginan pihak Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalsel yang menginginkan peresmian Jembatan Alalak I itu Presiden Joko Widodo. Mungkin perlu alternatif atau jalan keluar,” kata Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK, dikutip dari Antara, Kamis 23 September 2021.

Ia menyarankan, peresmian Jembatan Alalak I tersebut cukup oleh Gubernur setempat. Pasalnya, kalau menunggu Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan, dikhawatirkan terlalu lambat, karena kesibukan orang nomor satu di negeri/republik ini sulit diterka kapan tidak sibuk lagi.

BACA JUGA:   Polda Kalsel Kirim Bantuan Untuk Korban Banjir Kalteng

“Alternatif lain mungkin sembari menanti kesiapan Presiden Jokowi, Jembatan Alalak I tersebut bisa untuk lalu-lalang sepeda motor atau jenis mobil tertentu, kecuali jenis dan angkutan berat,” sarannya.

“Sebab Jembatan Alalak I sungguh masyarakat butuhkan guna kelancaran transportasi, bukan cuma angkutan umum, tetapi juga angkutan barang, terutama kebutuhan pokok,” lanjutnya.

Oleh karenanya dia berjanji mengonsultasikan dengan pihak BPJN Kalsel serta Gubernur setempat untuk membicarakan jalan keluar agar tidak terjadi stagnan dalam lalulintas angkutan penumpang umum serta barang dan jasa.

BACA JUGA:   Percepat Vaksinasi, Kemenag Kalsel Target 1000 Dosis Dalam Sehari

“Kita harapkan masyarakat bisa memanfaatkan Jembatan Alalak I yang berbatasan dengan Kota Banjarmasin dan mempunyai fungsi cukup strategis tersebut,” kata Supian HK.

Senada disampaikan anggota Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalsel H Agus Mawardi.

Menurut legislator yang juga membidangi perhubungan ini bahwa tujuan pembangunan Jembatan Alalak I tersebut guna kelancaran transportasi, baik dari Banjarmasin ke Kalimantan Tengah (Kalteng) atau sebaliknya.

“Kita sependapat kalau peresmian Jembatan Alalak I tersebut sesegera mungkin, Sebab arus transportasi Kalsel – Kalteng atau sebaliknya tampak semakin padat, sehingga perlu prasarana perhubungan darat yang menunjang dan lebih memadai,” katanya.

(Antara/BS-65/beritasampit.co.id)