Effendi Simbolon: Label Teroris Terhadap KKB Papua Tidak Selesaikan Masalah

Effendi Simbolon dalam Dialektika Demokrasi di Media Center Parlemen Senayan Jakarta, Kamis, (23/9/2021). Foto: beritasampit.co.id/Adista Pattisahusiwa).

JAKARTA– Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon menegaskan bahwa Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) bukan teroris. Label teroris mestinya disematkan kepada Kelompok Poso, gerbong Ali Kalora Cs.

Effendi mengatakan hal itu secara virtual dalam diskusi dialektika demokrasi di Media Center Parlemen Senayan Jakarta, Kamis, (23/9/2021).

“Jadi, mereka warga Papua bukan terorisme, tapi yang diperjuangkan oleh mereka adalah Kemerdekaan melalui Referendum,” tandas Effendi.

BACA JUGA:   Kepatuhan Prokes Kolektif untuk Tekan Risiko Penularan Covid Di Tengah Kegiatan Keagamaan

Dialog dengan tema ‘Jalan Terjal Pemberantasan KKB di Papua’ itu dihadiri Anggota Komisi I DPR Fraksi Golkar Dave Akbarshah Fikarno dan Pengamat Intelijen University Indonesia, Ridlwan Habib.

Salah satu program utama yang akhirnya menggerakkan masyarakat Papua melakukan perlawanan yaitu munculnya Stigma negatif yang selalu dilekatkan terhadap Orang Asli Papua (OAP).

“Jangan stigma dengan kelompok Poso Ali Kalora Cs yang kegiatan meneror. Beda dengan Masyarakat di Papua ya. Saya kira agak keliru menurut saya. Jadi gak mudah lah selesaikan Papua, kalau belum mampu selesaikan Teroris di Poso,” pungkas Effendi Simbolon.

BACA JUGA:   Penerapan Disiplin Prokes Meningkat Saat PON Papua

(dis/beritasampit.co.id)