TNI AU Lanud Iskandar Rutin Donor Darah, Berkah Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

IST/BERITA SAMPIT - Komandan TNI AU Lanund Iskandar Pangkalan Bun Letkol (NAV) Rudy Kurniawan, saat donor darah, Kamis 23 September 2021.

PANGKALAN BUN – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar donor darah menjadi berkah bagi warga masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Kami atas nama pengurus Kabupaten PMI Kotawaringin Barat mengapresiasi kegiatan donor darah di Lanud Iskandar Pangkalan Bun. Sekaligus menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Komandan TNI AU beserta jajarannya, yang secara rutin melaksanakan kegiatan donor darah, sehingga dapat menambah ketersediaan darah di UDD PMI Kotawaringin Barat,” kata Wagiman Kepala Unit Donor Darah PMI Kobar, Kamis 23 September 2021.

Diakui Wagiman, bahwa di masa pandemi ini pihaknya dan pengurus PMI harus bekerja ekstra keras untuk memenuhi kebutuhan darah pasien dari RSSI Pangkalan Bun maupun dari rumah sakit swasta lainnya.

BACA JUGA:   Pengusaha ini Salurkan Bansos ke warga Terdampak Banjir dan Covid-19

“Memang ruang gerak kami untuk melakukan Mobile Unit ke berbagai pihak tidak bisa terlaksana, karena kita harus melaksanakan Prokes secara ketat. Sekali lagi kami menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak, khususnya jajaran TNI AU Lanud Iskandar Pangkalan Bun yang telah membantu memenuhi kebutuhan darah yang ada di PMI,” ungkap Wagiman.

Dengan kembalinya TNI AU Lanud Iskandar Pangkalan Bun menggelar donor darah, betul-betul menjadi hikmah besar bagi mereka yang terdampak Covid-19.

Komandan Lanud Iskandar, Letkol (Nav) Rudy Kurniawan, yang juga sebagai pendonor darah mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan wujud nyata peduli TNI kepada masyarakat, dimana saat pandemi Covid-19 ini menurut laporan dari PMI Kobar, jumlah kantong darah mulai berkurang.

BACA JUGA:   Kapolda Kalteng Resmikan SPKTD dan Aplikasi Lapat Polres Kobar

“Mudah-mudahan dengan kegiatan donor darah ini yang menghasilkan 42 kantong darah jajaran anggota kami, bisa bermanfaat untuk mereka yang sangat membutuhkannya,” kata Rudy Kurniawan usai donor darah di Gedung Base Ops Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Kamis 23 September 2021.

Dia menjelaskan, kegiatan donor darah ini dalam rangka menyambut HUT Ke-76 TNI, melibatkan tenaga Kesehatan Lanud Iskandar dan PMI Kobar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan diikuti oleh Personel Lanud Iskandar, PIA Ardhya Garini Cab.8/D.I Lanud Iskandar, TNI dan Polri di wilayah Kobar dan Komunitas Bandara Iskandar.

“Melalui kegiatan donor darah ini diharapkan ketersediaan darah di PMI Kabupaten Kotawaringin Barat untuk pasien rumah sakit atau mereka yang membutuhkan dapat terbantu,” tutup Rudy Kurniawan. (Man/beritasampit.co.id).