Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng Dukung Program BIPA

VIRTUAL : IST/BERITA SAMPIT - Para peserta saat mengikuti peluncuran BIPA Kalteng Batch 2 secara virtual

PALANGKA RAYA – Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Kalteng kembali dilaksanakan, sekarang program tersebut bernama BIPA Kalteng Batch 2. Acara peluncuran tersebut dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting pada hari Sabtu, 25 September 2021 malam.

Dalam peluncuran ini, tidak hanya pengenalan BIPA secara informatif namun juga ada diskusi mengenai program tersebut.

Pada kesempatan tersebut Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng, Luqman Al Hakim mengatakan Dengan adanya program ini semoga terjadi akulturasi budaya yang baik antara Indonesia dengan negara lain, kemudian diharapkan dapat terjalin kerjasama.

BACA JUGA:   Pembangunan Infrastruktur Jalan di Kalteng Melebihi Target Nasional

“Pihak kami memberikan dukungan penuh agar program ini dapat terselenggara dengan lancar,” ucapnya.

Ditempat yang sama Koordinator BIPA Kalteng, Yohanes Tri Nugroho sebagai wadah anak muda Indonesia bisa berkarier di luar negeri.

“Selain itu mengacu pada Peraturan Menteri Tenaga Kerja 10 tahun 2018 pasal 31 tentang tata cara penggunaan TKA, setiap pemberi kerja TKA wajib memfasilitasi pendidikan dan pelatihan bahasa Indonesia kepada TKA. Oleh karena itu, ini merupakan momentum yang baik yang dapat memberikan kontribusi aktif,” tandasnya.

Senada dengan hal itu, Mahiang selaku Leader BIPA Kalteng menjelaskan BIPA tidak hanya menjadi wadah bagi penutur asing untuk belajar Bahasa Indonesia akan tetapi mengenalkan budaya Indonesia, adat dan istiadat, tari dan musik tradisional bahkan gastronomi.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Puji Prestasi Pemkab Kobar

Perlu diketahui BIPA merupakan singkatan dari Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing, program BIPA Kalteng difasilitasi oleh fasilitator asal Kalimantan Tengah, buah hasil kerja sama antara Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinisi Kalimantan Tengah, Euroweek School of Leaders Indonesia, Balai Bahasa Kalimantan Tengah, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kalimantan Tengah, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta Ikatan Duta Bahasa Kalimantan Tengah (IKADUBAS).

(Hardi/Beritasampit.co.id)