Peringatan Hari Bhakti Karang Taruna ke-61, Ini Harapan Ketua Karang Taruna Provinsi Kalteng

JUN?BERITA SAMPIT - Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah Abdul Hafid.

SAMPIT – Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Abdul Hafid, menghadiri Peringatan Hari Bhakti Karang Taruna ke-61, di Kota Sampit, Kelurahan Baamang Tengah, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Minggu 26 September 2021.

Hafid meminta pemuda Karang Taruna mampu menggerakkan desa dan mampu membekali diri dengan berbagai kemampuan.

“Sekarang karang taruna sedang ditumbuhkan dan menghubungkan hingga ke tingkat pemerintahan paling bawah karena esensi karang taruna itu bukan di tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan, tapi esensi karang taruna itu ada di tingkat kelurahan/desa hingga RT dan RW,”

“Karang Taruna itu berkedudukan di Kelurahan/desa, sedangkan di tingkat RW itu Unit dan ditingkat RT disebut Sub Unit Karang Taruna,” imbuhnya.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Ajak Generasi Muda Ikut Bangun Kalteng

Hafid juga melihat kegiatan karang taruna di Kotim cukup inovatif. Selain terlibat dalam kegiatan social kemasyarakatan juga aktif di berbagai pengembangan ekonomi kreatif seperti UMKM dan lainnya.

Dia juga meminta kepada para pengurus karang taruna hingga ketingkat desa untuk dapat terus berinovasi, sehingga bisa menciptakan generasi muda yang peduli dengan pembangunan di daerahnya masing-masing dan sebagai organisasi kepemudaan.

Selain melakukan evaluasi terhadap program-program yang telah dijalankan, diharapkan adanya dukungan dari semua pihak, termasuk Pemerintahan Desa, karena sebenarnya karang taruna ini merupakan bagian dari desa.

BACA JUGA:   Dua Personel Polda Kalteng Raih Medali Emas di PON Papua 2021

Untuk itu, Hafid berharap Karang Taruna Kotim dapat semakin intens untuk melakukan pengambangan kegiatan maupun program karang taruna ke setiap desa untuk mensosialisasikan kerja sama yang baik antara Pemerintahan Desa dengan organisasi Karang Taruna.

“Kita harus punya inovasi juga terobosan yang positif dalam mendukung kemajuan ataupun pembangunan di daerah, sehingga keberadaan karang taruna dapat terasa ditengah masyarakat. Semoga dinas terkait dapat membina dan memfasilitasi untuk pengembangannya,” demikian Abdul Hafid.

(jun/beritasampit.co.id)