Berada di Level 2, Pemkab Barsel Fokus Pulihkan Ekonomi

IST/BERITA SAMPIT : Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri ST saat diwawancarai awak media.

BUNTOK – Dalam tahapan menuju New Normal dan berada di level dua yakni level hijau, Kabupaten Barito Selatan (Barsel) siap untuk menyelenggarakan kegiatan berskala besar.

Hal tersebut berdasarkan informasi dari Kementerian Kominfo Pusat, yang menjelaskan bahwa Pemerintah telah mengijinkan untuk penyelenggaraan kegiatan berskala besar seperti resepsi perkawinan, pesta, festival, konferensi hingga konser musik meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19 belum usai.

“Serta informasi dari Kementerian Kominfo yang menyampaikan, bahwa ijin akan diberikan asalkan tetap mematuhi akan Protokol Kesehatan (Prokes),” kata Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri kepada beritasampit.co,id Senin 27 September 2021.

Dikatakan Bupati hal tersebut dilakukan guna mempercepat pemulihan ekonomi seluruh masyarakat Indonesia seperti pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pelaku usaha lainnya.

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel sendiri sangat menyambut baik akan adanya informasi tersebut guna langkah perbaikan kembali perekonomian masyarakat,” katanya.

BACA JUGA:   KNPI Barsel Bantu Warga Terdampak Banjir di Katingan

Menurutnya dalam tahapan menuju new normal ini dimana level untuk Kabupaten Barsel sendiri saat ini telah ditetapkan menjadi level dua yaitu level hijau sementara untuk wilayah Provinsi Kalteng yang masih berada pada level tiga hanya Kota Palangka Raya dan Kabupaten Barito Timur (Bartim).

“Kita harapkan kedua wilayah ini, segera menyusul seperti wilayah lainnya untuk berada pada level dua sehingga Provinsi Kalteng dan seluruh Indonesia bisa berada pada level hijau sehingga kehidupan bisa memasuki new normal dengan baik,” jelasnya.

Orang nomor satu di Kabupaten yang bertajuk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini juga mengucapkan terimakasih, kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan seluruh Tenaga Kesehatan (Nakes) karena kita sudah bisa mengatasi pandemi Covid-19.

Walaupun demikian, pihaknya juga tidak lupa untuk mengedepankan prokes dengan ketat dimana sekolah-sekolah juga telah memulai aktifitasnya kembali.

BACA JUGA:   Kakanwil Kemenag Kalteng Ingatkan ASN Jadi Contoh

“Sehingga kita bisa melakukan kegiatan, dengan normal kembali dan Kabupaten Barsel siap untuk memulihkan ekonomi serta berjalan sebagaimana mestinya,”ungkapnya.

Terkait pelaksanaan Festival Budaya Se-DAS Barito, belum lama ini pihaknya telah mendapatkan informasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bahwa akan kembali menjadwalkan pelaksanaan kegiatan tersebut yang sempat tertunda.

“Bahkan juga, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno akan siap meramaikan Festival Budaya Se-DAS Barito yang akan dilaksanakan di Kabupaten Barsel nantinya,” bebernya.

Ditambahkannya, adapun jadwal pelaksanaan kegiatan tersebut masih belum ditentukan dan kemungkinan akan dilaksanakan pada bulan November atau Desember 2021.

“Tentunya kami berharap dukungan dari masyarakat, insan pers dan seluruh stakeholder agar kegiatan Festival Budaya Se-DAS Barito ini nantinya dapat terlaksana dengan baik,” tukas Eddy Raya Samsuri.

(Ded/beritasampit.co.id)