Komitmen Terhadap Pengarusutamaan Gender, Kotim Diganjar penghargaan Parahita Ekapraya 2020

(IST-BERITA SAMPIT) Kepada Dinas P3AP2KB Kotim, Ellena Rosie, saat menyerahkan penghargaan Parahita Ekapraya 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) kepada Bupati Kotim, Halikinnor, Kamis 30 September 2021.

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA).

Selain Kotim, Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, Kotawaringin Barat (Kobar), Lamandau, dan Murung Raya, juga mendapatkan penghargaan yang sama.

Bupati Kotim, Halikinnor, mengungkapkan, prestasi ini sangat dramatis, karena diraih saat anggaran yang terbatas. Dalam meraih penghargaan tersebut diikuti oleh seluruh kabupaten se Kalteng.

” Penghargaan ini pertama kali didapat oleh Kotim. Ini sangat membanggakan ini suatu penghargaan tertinggi pemerintah daerah dalam mewujudkan komitmen peran pemerintah daerah dalam kesetaraan gender. Terimakasih Dinas P3AP2KB Kotim yang telah lolos dan berhasil membawa prestasi,” ungkap Bupati Halikinnor saat menerima penghargaan, Kamis, 30 September 2021.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Safari Ramadan Pertama dan Serahkan Bantuan di Kecamatan Kota Besi

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3AP2KB) Kotim, Ellena Rosie, mengatakan, penghargaan tersebut karena Pemkab Kotim memiliki komitmen penuh terhadap pengarusutamaan gender.

Penghargaan APE kategori pratama yang diraih Kabupaten Kotim ini tentunya pemicu semangat dan komitmen bersama agar Kotim mampu meraih penghargaan yang sama tingkat madya, utama dan bahkan ketingkat mentor. Tentunya dibutuhkan bantuan beberapa SKPD untuk menganggarkan dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) terkait Pengarusutamaan Gender (PUG) sesuai Instruksi Presiden Nomor 09 Tahun 2020.

BACA JUGA:   Korban Gantung Diri Sudah Tiga Kali Lakukan Percobaan Bunuh Diri

“Setalah paparan dengan kementrian, Alhamdulillah tim menilai Kotim berhasil mendapatkan penghargaan tersebut. Ini merupakan prestasi pertama bagi kita, dengan melibatkan seluruh stake holder. Semoga kita dapat memberikan yang terbaik untuk Kotim kedepannya,” katanya.

(jun/beritasampit.co.id)