MES Kalteng dan Kemenag Kalteng Siap Bekerjasama Sertifikasi Halal Produk UMKM

Masyarakat Ekonomi Syariah Kalteng bertandang ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Tengah, Jumat 1 September 2021.//Ist-ANTARA/MES Kalteng;

PALANGKA RAYA – Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kalteng siap bekerjasama untuk mensertifikasi halal produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah setempat.

“Kerjasama ini menjadi bagian komitmen dari kepengurusan baru MES Kalteng untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas produk UMKM di Kalimantan Tengah,” kata Sekretaris Umum MES Kalteng, Heru Hidayat, dilansir dari Antara, Jumat 1 Oktober 2021.

Selain sertifikasi halal produk UMKM, MES Kalteng dan Kanwil Kemenag Kalteng juga akan berkolaborasi dalam mendorong kemandirian pondok pesantren, pemberian literasi dan edukasi terhadap masyarakat sesuai program kedua lembaga tersebut.

“Kami juga akan berkolaborasi dalam berbagai kegiatan sosial termasuk adanya warung berkah seribu rupiah dan program lain yang berdampak langsung terhadap kondisi dan perkembangan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

BACA JUGA:   Asprov PSSI Kalteng Tetapkan Liga 3 Zona Kalteng 2021 Digelar di Palangka Raya

Pihaknya pun berharap dengan adanya kerjasama dan sinergi dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah ini akan banyak saling membantu dan memperkuat edukasi tentang ekonomi syariah kepada masyarakat.

“Termasuk program pertashop, pesantren dan sertifikasi produk halal sehingga semakin banyak masyarakat yang mendapatkan manfaat dari kerjasama dan kolaborasi ini, Kita ingin ekonomi masyarakat di tengah pandemi ini terus menguat,” katanya.

Pernyataan itu diungkapkan dia saat pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah Kalteng bertandang ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Tengah.

Ketua I MES Kalteng Norhani menambahkan, selain program yang penguatan ekonomi masyarakat tersebut pihaknya juga akan membentuk kepengurusan MES di tingkat kabupaten/kota di Provinsi berjuluk “Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila” ini.

BACA JUGA:   Persiapan Ikuti Fornas VI di Palembang, Kormi Kalteng Gelar Kejuaraan Airsoft CQB di Kobar

“Semoga dengan upaya semakin masif dan banyaknya pihak yang turut bersama-sama dalam mengembangkan ekonomi syariah sebagai solusi dan bagian menumbuhkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Kalteng, Noor Fahmi, yang juga selaku Dewan Pembina MES Kalteng sangat mendukung dan siap bekerjasama dalam merealisasikan program kerja pengurus baru tersebut.

“Kami siap bersinergi dan mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh MES Kalteng. Semoga kehadiran MES Kalteng semakin berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

(Antara/BS-65/beritasampit.co.id)