Banggar DPR Pastikan Kartu Tani Tersebar Secara Adil dan Merata

Anggota Banggar DPR RI dari fraksi Golkar Mukhtarudin. (dok: pribadi).

JAKARTA– Anggota Banggar DPR RI Mukhtarudin mendorong pemerintah terus mempercepat distribusi Kartu Tani kepada para petani di seluruh Indonesia guna meningkatkan hasil pertanian.

“Saya minta penyaluran pupuk bersubsidi kepada petani melalui Kartu Tani harus adil dan merata,” tutur Mukhtarudin, Sabtu, (2/10/2021).

Berdasarkan data Kementerian Pertanian, baru sekitar 5,03 persen petani di Indonesia yang menggunakan program Kartu Tani untuk mendapatkan pupuk bersubsidi dari pemerintah.

Sedangkan jumlah petani yang baru menggunakan Kartu Tani tersebut dari total petani yang terdata dalam Sistem Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) yaitu 16,6 juta petani. Sementara Kartu Tani yang sudah terdistribusi kepada petani yaitu sebanyak 7,2 juta atau sekitar 43,67 persen.

BACA JUGA:   Anggota DPR RI Minta Pemerintah Gunakan Vaksin Covid-19 Halal

Politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini bilang sektor pertanian memiliki peran yang sangat penting pada pembangunan dan
tetap produktif dan berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi.

Mantan Anggota Komisi VI DPR ini berharap program-program di sektor pertanian harus terus dijalankan untuk penguatan ketahanan pangan dan kesejahteraan para petani.

Untuk itu, Mukhtarudin berujar pemerintah, harus terus memonitor implementasi di lapangan, supaya benar-benar diterima oleh petani yang membutuhkan.

BACA JUGA:   Harga CPO di Jambi naik Rp974 per kilogram

“Kesejahteraan petani harus menjadi prioritas karena berkaitan erat dengan ketahanan pangan yang menjadi kunci suksesnya bangsa ini melewati masa-masa sulit di tengah pandemi Covid-19,” pungkas Mukhtarudin.

(dis/beritasampit.co.id)