Suli Si Batu Suli Desain Batik Khas Kabupaten Gunung Mas, Kalteng

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong dan Ketua Dekranasda Mimie Mariatie Jaya S Monong mengenakan batik khas daerah setempat dengan desain Suli Si Batu Suli.//Ist-ANTARA/Dokumentasi Pribadi;

Kuala Kurun – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Mimie Mariatie Jaya S Monong mengatakan pihaknya telah mengembangkan desain batik khas kabupaten setempat yang mengangkat potensi wisata daerah, Suli Si Batu Suli namanya.

Motif utama Suli Si Batu Suli merupakan pemandangan Batu Suli yang dihiasi ornamen kepala Burung Tingang yang identik dengan suku Dayak. Ornamen dibubuhi warna merah yang melambangkan kekuatan dan keberanian Suku Dayak dalam melindungi tanah airnya.

Batu Suli merupakan salah satu destinasi wisata berupa bongkahan batu yang membentuk bukit terjal dan berdiri kokoh di pinggiran Sungai Kahayan, tepatnya di Desa Upon Batu, Kecamatan Tewah.

Kemudian ada motif Suli, tanaman yang banyak tumbuh di daerah setempat, yang buah dan bunganya menjadi bagian tak kalah penting dalam desain Suli Si Batu Suli.

BACA JUGA:   Kementerian PUPR Hibahkan BMN ke Gunung Mas Senilai Rp8.7 Miliar

“Nama desainnya Suli Si Batu Suli. Desain ini merupakan pemenang lomba desain batik khas daerah Gunung Mas  yang diselenggarakan pada 1 Juli hingga 20 Agustus 2020. Motif yang menghiasi pinggiran kiri dan kanan terinspirasi dari tato yang sering menghiasi tubuh suku Dayak di zaman dahulu,” kata istri dari Bupati Gumas Jaya S Monong ini, dikutip dari Antara, Sabtu 2 Oktober 2021.

Selanjutnya warna dasar kuning dipilih karena kuning sering dipakai suku Dayak untuk menyimpan benda-benda yang dianggap suci atau keramat, yang dipercaya juga sebagai lambang keluhuran.

Lalu warna emas yang menghiasi bingkai motif utama dipilih sebagai lambang keagungan dan kekayaan, dengan harapan daerah wisata Batu Suli bisa menjadi kebanggaan Kabupaten Gumas.

BACA JUGA:   Upaya Pemerintah Dalam Menanggulangi Stunting di Gunung Mas

Lebih lanjut ia mengatakan Suli Si Batu Suli diusulkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gunung Mas kepada bupati, untuk menjadi Pakaian Dinas Harian  (PDH) batik daerah kabupaten pada November 2020 lalu.

Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Gunung Mas memproses usulan yang ada dalam bentuk Surat Keputusan Bupati Gunung Mas Nomor 13 Tahun 2021, tanggal 14 Januari 2021 tentang PDH pegawai negeri sipil batik motif khas daerah di lingkungan Pemkab Gunung Mas.

“Motif Suli Si Batu Suli juga digunakan pada kaos yang bisa dijadikan oleh-oleh. Bagi masyarakat yang berminat bisa menghubungi Dekranasda Gunung Mas,” kata Mimie Mariatie.

(Antara/BS-65/beritasampit.co.id)