Upacara Pembukaan PON XX Papua Dimulai

Suasana upacara pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu 2 Oktober 2021.//Ist-ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww;

JAYAPURA – Upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dimulai tepat pukul 19.00 WIT di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu 2 Oktober 2021.

Puluhan penari menarikan tarian tradisional diikuti dengan tulisan “Selamat Datang Papua.” Video hitung mundur diputar dengan burung cendrawasih.

Pada acara pra-pembukaan PON Papua ditampilkan video yang menunjukkan keindahan alam Papua, termasuk Danau Sentani, Tugu Arthur, situs Megalitik, juga kerajinan tangan, serta suguhan khas Papua, di antaranya Papeda dengan kuah kuning.

“Kota dengan keanekaragaman yang terangkai menjadi sebuah harmoni, menyambut hangat jiwa-jiwa baru yang datang,” penggalan penjelasan dari video tersebut.

BACA JUGA:   SMPN 1 Sampit Juara usai Kalahkan SMPN 3 Sampit di Final

Upacara pembukaan PON XX menceritakan Papua masa dulu, masa kini, hingga masa yang akan datang. Tampilan pertunjukan kreatif dan budaya itu mengusung pesan kebangkitan anak-anak Papua pada masa depan.

PON Papua sekaligus menjadi momentum bagi anak-anak muda Bumi Cenderawasih untuk bangkit dan berprestasi dalam olahraga.

Sejumlah selebritas nasional dan artis Papua turut memeriahkan Upacara Pembukaan PON XX di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Jayapura itu.

Mereka antara lain Raffi Ahmad, Intan Saumadina, Piter Ginuy, dan Irsa Yoku sebagai pembawa acara sebelum upacara pembukaan berlangsung.

Edo Kondologit, Tulus, Ruth Sahanaya, Michael Jakarimilena, Nowela Elizabeth Auparay dan Lea Simanjuntak akan mengisi acara sebelum PON XX dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

BACA JUGA:   Perebutan Juara III Turnamen Mini Soccer: SMP Cita Bunda Menang Dramatis Vs SMPN 4 Cempaga

Kemudian, terdapat pula artis Papua antara lain Vien Mangku ft. Qhiba Mansawan, Joanita Chatarine, Papua Original, Trio Papua, Albert Fakdawer, Oyandi Voice, dan Paduan Suara Gema Chandra Universitas Cenderawasih.

Sebanyak 40 ribu kursi disiapkan bagi para penonton. Jumlah itu merupakan 25 persen dari kapasitas total Stadion Lukas Enembe.

Ratusan tenaga medis juga telah bersiaga selama upacara pembukaan PON 2021 itu. Mereka disebar di sejumlah titik di area stadion seperti di pintu masuk hingga di dalam stadion.

(Antara)