Komunitas Pemuda Kalteng Tingkatkan Literasi Pada Anak-Anak Korban Banjir

IST/BERITA SAMPIT - Foto bersama Komunitas Pemuda Kalteng dengan anak-anak saat kegiatan mendongeng.

KASONGAN – Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, Komunitas Pemuda Kalteng, laksanakan Trauma Healing dalam kegiatan Donasi Literasi Batch 4 di Desa Baun Bango, Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan, Sabtu 2 Oktober 2021 kemaren.

Tujuan kegiatan ini untuk menurunkan tingkat kecemasan dan mengembalikan kondisi emosional anak-anak pasca bencana banjir dengan berbagai macam permainan dan edukasi yang dilakukan secara bersama pada anak.

Nurul Fitri, selaku Perangkat Desa Baun Bango menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh relawan dan donatur yang telah terlibat dalam kegiatan ini. Dia yakin apa yang telah diberikan baik bersifat materil maupun rohaniah akan sangat bermanfaat bagi anak-anak Desa Baun Bango.

Hal senada juga disampaikan oleh Ipan Dwi Nata, yang merupakan Ketua Donasi Literasi Batch 4, bahwa banyak anak-anak yang menjadi korban banjir membutuhkan pertolongan para relawan.

BACA JUGA:   Geger, Warga Kota Kasongan Ditemukan Gantung Diri

“Kami segenap relawan Donasi Literasi dalam rangka peduli korban bencana banjir bergerak untuk menyalurkan bantuan tersebut langsung kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Semoga kegiatan ini dapat menjadi semangat dan motivasi baru bagi anak-anak di Desa Baun Bango,” katanya, melalui pesan WhatsApp, Minggu 3 Oktober 2021.

Ia juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan literasi pada anak-anak. Mengingat dengan tingkat literasi yang tinggi maka kualitas sumber daya manusia akan meningkat.

Seluruh relawan yang berangkat, sehari sebelum keberangkatan telah melaksanakan swab antigen. Tes Swab tersebut bertujuan demi keamanan dan kesehatan bersama baik relawan atau warga setempat.

BACA JUGA:   Tak Perlu Ke Bank, RSUD Mas Amsyar Kasongan Berikan Layanan Perbankan

Dalam kegiatan ini juga anak-anak diajak untuk mendengarkan dongen, menuliskan harapan, dan games. Nilai positif yang dapat diambil dari kegiatan ini yaitu, anak-anak dapat mengambil makna dari dongeng yang telah diceritakan, dan anak-anak juga menjadi berani untuk menuliskan harapan, cita-cita atau impiannya.

Perlu diketahui Komunitas Pemuda Kalteng merupakan gabungan dari Ikatan Duta Bahasa Kalteng, Kalteng Cerdas, HIMPSI Kalteng, Euroweek Indonesia, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, Bintang Literasi, Duta Inspirasi Kalteng, XSR Kalteng, Ikatan Mahasiswa Palangka-Surabaya, Hisfarma Ikatan Apoteker Indonesia Kalteng, Antrepublic Coffe, serta media platform infokalteng, dan infoplk. (Hardi/beritasampit.co.id).