Virus Corona Masih Ada, Begini Cara Menggunakan Masker Dobel yang Benar

Ilustrasi

Penulis : Kang Maman (wartawan beritasampit.co.id).

Alhamdullilah kasus Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kalimantan Tengah secara berangsur-angsur menurun, seperti disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kobar sampai awal Oktober 2021 kasus Covid-19 menurun hingga 97 persen.

Walaupun kasus Covid-19 di Kabupaten Kobar drastis menurun tapi virus corona masih ada alias masih gentayangan di tengah masyarakat. Maka masyarakat janganlah menganggap sepele, sehingga masih ada anak-anak muda/remaja baik perempuan maupun laki-laki yang tanpa masker berlalu lalang naik sepeda motor melintas jalan raya.

Karena virus corona masih ada, maka untuk menghindari serangan Covid-19 Pemerintah melalui Satgas Covid-19 telah menganjurkan kepada masyarakat untuk menggunakan masker dobel.

Atas anjuran tersebut, pengamatan penulis memang sebagian masih banyak masyarakat yang tidak mengindahkan, jangankan memakai masker dobel, memakai satu masker saja masih ada bahkan dipasangnya asal-asalan.

Sekedar peringatan untuk kesehatan kita semua, penulis sedikit menjelaskan dari berbagai sumber, bahwa penggunaan masker dobel atau dua masker sekaligus kini sudah resmi direkomendasikan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Namun, tetap ada aturan pemakaian masker dobel yang harus ditaati supaya dapat mencegah penularan Covid-19 dengan lebih efektif dari pada penggunaan satu masker saja, meskipun masker yang digunakan sudah masker bedah.

Seperti dilansir dari Alodokter referensi dr. Meva Nareza, dalam penelitiannya antara lain menyebutkan bahwa masker bedah dapat menghalangi partikel udara yang berpotensi menularkan virus Corona sebanyak 84,3 persen. Namun, ketika di dobel dengan masker kain, perlindungannya bisa meningkat hingga 96,4 persen.

Hal ini karena masker bedah biasanya terpasang longgar dan masih menyisakan celah di atas hidung dan di pipi. Akibatnya, masih ada partikel udara maupun droplet yang bisa masuk dari celah ini. Selain itu, masker bedah yang longgar juga mudah melorot ke bawah hidung.

Berbeda dengan masker bedah, masker kain umumnya dapat diatur kekencangannya dan pas dipakai di wajah. Oleh karena itu, kombinasi antara masker bedah dan masker kain bisa memberikan perlindungan yang lebih baik.

Gunakan masker bedah sebagai lapisan pertama. Pastikan kawat tipis yang terdapat di bagian atas masker bedah ditekan ke arah wajah, sehingga bentuknya mengikuti bentuk hidung Anda.

Lapisi masker bedah dengan masker kain yang terdiri dari 3 lapis kain. Pakailah masker kain yang ukurannya pas.

Pastikan tali atau karet masker kain dikaitkan dengan baik pada telinga atau diikat di bagian belakang kepala. Coba hembuskan napas dan rasakan apakah masih ada udara yang mengalir dari sisi atas dan sisi samping masker.

Bila masih ada, atur kembali posisi dan kekencangan masker. Pastikan Anda tetap bisa bernapas dengan nyaman dan tidak merasa pusing atau berkunang-kunang karena pemakaian masker dobel ini.

SELAMAT MENCOBA dan MEMANG WAJIB MENGGUNAKAN MASKER DOBEL.

(Visited 1 times, 1 visits today)