Seleksi PPPK Guru, Ini Kata Pj Sekda Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Nuryakin

PALANGKA RAYA – Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK Guru Provinsi Kalteng Tahun 2021. Rakor dilangsungkan di sebuah hotel di kota Palangka Raya, Minggu 3 Oktober 2021 malam.

Dalam sambutannya, Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Nuryakin mengatakan salah satu visi Pemerintah RI terfokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia pada peningkatan kualitas pendidikan. Visi tersebut sejalan rancangan strategis Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng sebagai penyelenggara Pemerintahan di Dinas Pendidikan.

“Sehubungan dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK Guru, kita patut menaruh harapan terhadap peningkatan kompetensi pendidik yang akan berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, panitia seleksi Nasional belum mengumumkan hasil seleksi Tahap I PPPK Guru Tahun 2021, yang semestinya diumumkan pada tanggal 24 September 2021 lalu.

Diharapkan penundaan pengumuman ini adalah dalam rangka merumuskan keputusan terbaik yang akan lebih berpihak kepada peserta seleksi diantaranya mempertimbangkan usulan atau desakan komisi X DPR RI untuk memberikan konfirmasi nilai kompetensi teknis bagi pelamar pada kategori Daerah 3 T (Terdepan, Terpencil, Tertinggal, Daerah pasca bencana dan konflik).

BACA JUGA:   Tim Kaderisasi PB PMII Titip Pesan Untuk Peserta PKL

Hal senada juga disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng Ahmad Syaifudi dalam laporannya menyampaikan, panitia pada pelaksanaan Kompetensi PPPK Guru Provinsi Kalteng Tahun 2021 terdiri atas unsur Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Kalteng.

Ahmad Syaifudi juga menyampaikan, seleksi kompetensi Tahap I yang diperuntukan bagi tenaga honorer kategori THK-II, sesuai dengan petanggalan data pada database pada Badan Kepegawaian Negara (BKN), serta guru non ASN yang aktif mengajar di Sekolah Negeri dibawah kewenangangan Daerah Provinsi Kabupaten/Kota dan terdaftar di Dapodik adalah sebanyak 6.532 orang.

BACA JUGA:   Peringatan HUT ke-76 Brimob, Kapolri : Berikan Dharma Bakti ke Bangsa dan Negara

“Untuk Tempat Ujian Kompetensi (TUK) berada di 15 lokasi pada 14 Kabupaten/Kota se-Kalteng. Jumlah ini merupakan jumlah peserta pada jenjang pendidikan baik dibawah kewenangan Provinsi maupun Kabupaten/Kota,” jelasnya.

Dari 6.532 peserta yang terdaftar pada seleksi kompetensi Tahap I, yang hadir sebanyak 6.287 orang dan sebanyak 254 peserta yang tidak hadir atau tidak mengikuti tahap I.

Untuk tahap I ini, sebanyak 109 orang orang diberikan kesempatan megikuti ujian susulan. Dari 109 peserta yang mengikuti ujian susulan, yang hadir sebanyak 55 orang dan sisanya sebanyak 54 orang tidak hadir atau tidak mengikuti ujian susulan akan diundi dalam seleksi tahap-II. Selebihnya sebanyak 136 orang mengikuti seleksi tahap 2.

(Hardi/Beritasampit.co.id)