Anggota BPD Babaung Ucapkan Sumpah Janji, Camat: Jalankan Amanah Sesuai Tupoksi

SUMPAH JANJI : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Atas nama Bupati Kotim yang diwakilkan Camat Pulau Hanaut saat melantik dan sekaligus pengambilan sumpah janji anggota BPD Babaung, Kecamatan Pulau Hanaut, Kotim, Kalteng.

 

SAMPIT – Setelah melalui proses cukup panjang, akhirnya anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2021-2027 di Desa Babaung Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), resmi dilantik. Bahkan, mereka telah mengucapkan sumpah janji.

Dalam hal ini, Camat Pulau Hanaut Sufiansyah atas nama Bupati Kotim Halikinnor melakukan pelantikan dan sekaligus pengambilan sumpah janji. Kegiatan itu dipusatkan di Balai Pertemuan Desa Babaung, Selasa 4 Oktober 2021.

“Saya melantik BPD Babaung ini, bukan atas nama camat tapi atas nama Bupati Kotim Bapak H Halikinnor, SH, MM, berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kotim Nomor : 188.45/0354/Huk-DPMD/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan BPD Babaung, Kecamatan Pulau Hanaut,” ucap Camat Pulau Hanaut Sufiansyah dihadapan tamu undangan yang hadir di balai pertemuan.

Mantan Sekcam Baamang ini juga menekankan terutama kepada anggota BPD yang baru dilantik, agar segera menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai BPD.

BACA JUGA:   Aksi Gendam Jelang Idulfitri Mulai Bergentayangan di Sampit

Dia mengharapkan, dalam melaksanakan fungsi pemerintahan di desa hendaknya sesuaikan dengan aturan dan acuan yang tertuang di Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 tentang BPD.

“Anggota BPD yang baru ini merupakan keterwakilan wilayah yang terbaik, karena kalian dipilih masyarakat berdasarkan daerah pemilihan masing-masing. Jalankan tupoksi sebaik-baiknya, mulai sekarang susun rencana kerja untuk pembangunan Desa Babaung yang lebih maju lagi dari sekarang,” tegas Sufiansyah yang juga pernah menjabat Lurah Baamang Hulu, Kecamatan Baamang ini.

DOKUMEN : ARIFIN/BERITA SAMPIT – Ketua BPD Babaung yang lama (kiri) menyerahkan dokumen kepada anggota BPD yang baru periode 2021-2027 disaksikan Camat Pulau Hanaut dan Kades Babaung di balai pertemuan Desa Babaung.

Pada kesempatan itu, Sufiansyah mengucapkan terima kasih kepada Ketua dan Anggota BPD yang lama atas dedikasinya dan pengabdiannya selama menjabat, sehingga Desa Babaung ini selangkah lebih maju.

Sedangkan untuk anggota BPD yang baru dilantik dan sudah mengucapkan sumpah janji, Sufiansyah juga titip pesan agar bersinergi dan selalu berkomunikasi dengan baik, karena BPD dan pemerintah desa merupakan mitra, bukan sebaliknya.

BACA JUGA:   Dua Pemuda Kendarai Sepeda Motor Hantam Belakang Pikap Parkir di Terowongan Nur Mentaya hingga Luka Parah

Sementara itu, Kepala Desa Babaung Misrani mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada anggota BPD yang lama, karena telah banyak membantu selama kurang lebih 3,5 tahun dalam hal pembangunan desa.

Dia menyebutkan, salah satu upaya yang tercapai yakni, berdirinya tower telekomunikasi sehingga warga desa khususnya Desa Babaung dengan mudah mengakses internet. Selain itu, pembangunan infrastruktur jalan usaha tani.

“Kami atas nama pemerintah desa mengucapkan terima kasih kepada anggota BPD yang lama atas sumbangsih dan pola pemikirannya, sehingga desa yang kita cintai ini sudah banyak kemajuannya terutama dalam hal pembangunan. Untuk anggota BPD yang baru, mari kita bersinergi dan sama-sama memajukan desa ini lebih baik lagi kedepannya,” saran Misrani.

(ifin/beritasampit.co.id)