BKPSDM Barsel Gelar Seleksi JPT Pratama

DEDDY/BERITA SAMPIT : Saat pelaksanaan, seleksi terbuka dan kompetitif JPT Pratama lingkup Pemkab Barsel.

BUNTOK – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) melaksanakan, seleksi terbuka dan kompetitif Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel.

Seleksi terbuka dan kompetitif JPT Pratama tersebut bertempat, di aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Barsel. Senin, 4 Oktober 2021.

Kegiatan tersebut dilaksanakan, dalam rangka pelaksanan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020, Peraturan Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara terbuka dan kompetitif di lingkungan Instansi Pemerintah.

“Serta, Surat Edaran Menteri PAN-RB Nomor 52 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara Terbuka dan Kompetitif di lingkungan Instansi Pemerintah dalam Kondisi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19,”kata Kepala BKPSDM Barsel Ir. Rahmin Hanan, MT kepada beritasampit.co.id disela kegiatan tersebut Selasa 5 Oktober 2021.

Dikatakannya, pastinya kegiatan ini dilaksanakan adalah dalam rangka untuk mengsisi kekosongan beberapa jabatan Kepala Dinas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang saat ini kosong karena pensiun adapun formasi jabatan yang diseleksi secara terbuka dan kompetitif tersebut yakni.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan), Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) serta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA).

“Seleksi ini juga, merupakan tahapan asesmen jadi tahap pertama para peserta mendaftar dengan persyaratan-persyaratan administrasi yang harus mereka lengkapi,” katanya.

Menurutnya, jumlah peserta yang telah mendaftar sebanyak 25 peserta selanjutnya dari 25 peserta tersebut yang telah memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi terbuka JPT Pratama ini hanya 23 peserta saja.

“Adapun asesmen ini dilaksanakan, selama dua hari yakni dari tanggal 4 hingga 5 Oktober 2021 yang dilaksanakan oleh Tim Asesmant dari Universitas Muhamaddiyah Palangka Raya yang diketuai oleh Dina Parisa,” jelasnya.

Sedangkan BKPSDM Barsel sendiri kata Rahmin Hanan, hanya memproses penyelenggaraan seleksi ini namun kita juga menunjuk Panitia Seleksi (Pansel) yang diberi Surat Keputusan (SK) Bupati Barsel sebanyak 5 orang dan merekalah yang melaksanakan seleksi ini.

BACA JUGA:   Tim Eddy Raya Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati Barsel ke Partai Demokrat dan Perindo

“Pansel diberikan SK Bupati Barsel, sebanyak lima orang yang diketuai oleh Doktor Ir. Sahrin Dolay dan merekalah yang melaksanakan seleksi terbuka dan kompetetif JPT Pratama ini,”terangnya.

Dengan dilaksanakannya seleksi ini lanjutnya, tentunya BKSDM Barsel juga berharap akan mendapatkan calon-calon Kepala OPD sesuai dengan harapan selanjutnya masing-masing per OPD dari hasil ini nantinya.

Kita akan mendapatkan, tiga besar misalkan pelamar pada suatu OPD ada enam orang maka akan diambil tiga besar dan dari tiga besar tersebut oleh pihak Pansel melaporkan kepada Bupati Barsel.

“Sehingga, Bupati Barsel sudah mempunyai kewenangan untuk menetapkan siapa yang menduduki jabatan yang dilamar,”Ungkapnya.

Lebih lanjut ditambahkannya, akan tetapi sebelumnya ada proses-proses seperti kita harus melapor ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) selanjutnya dari pihak KASN mereka akan mengeluarkan surat atau rekomendasi yang diserahkan kepada Bupati Barsel.

“Sebelumnya, BKPSDM Barsel harus melapor ke KASN dan selanjutnya dari pihak KASN mengeluarkan surat atau rekomendasi yang diserahkan kepada Bupati Barsel,”Pungkas Rahmin Hanan.

(Ded/beritasampit.co.id)