Harga Emas Perhiasan Lagi-lagi Turun, Rp830 Ribu Per Gram Untuk Kadar 99 Persen

Aneka jenis dan model emas perhiasan//jun-Berita Sampit.dok;

SAMPIT – Harga emas perhiasan terpantau turun dari sebelumnya di Pusat Perbelanjaan Mentaya, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), karena dipengaruhi oleh harga emas global dan perubahan nilai mata uang Dolar AS.

“Harga emas perhiasan 24 karat saat ini mengalami penurunan 10 ribu rupiah sejak awal bulan. Sekarang emas 99 persen atau 24 karat Rp830 ribu pergram,” kata H Sani, owner toko emas Mitra Baru Sampit, Selasa 5 Oktober 2021.

Kemudian untuk harga emas putih atau dengan kemurnian 75 persen sebelumnya Rp740.000 per gram kemudian turun menjadi Rp730.000.

BACA JUGA:   Presiden Jokowi Minta BUM Desa Bantu Tumbuhkan Usaha Rakyat, Bukan Jadi Pesaing Ekonomi Rakyat

Ia mengatakan berbagai jenis/kadar emas yang tersedia ditokonya. Diterangkan bahwa untuk emas 24 karat atau masyarakat menyebutnya amerika atau emas kuning memiliki kemurnian 99 persen. Kemudian untuk emas putih memiliki kemurnian 75 persen, emas 70 persen serta emas dengan kemurnian 42 persen dan 37,5 persen atau 9 dan 8 karat.

“Penurunan harga ini juga mempengaruhi harga emas perhiasan lainnya. Untuk emas Singapore sekarang 650 ribu pergram, lalu kadar 42 harganya 415 ribu dan kadar 37,5 kami lepas 395 ribu rupiah pergramnya,” katanya.

BACA JUGA:   Dirut Bulog: Tiga Tahun Berturut Indonesia Tidak Melakukan Impor Beras

Meski adanya penurunan harga, namun tidak mempengaruhi aktivitas jual beli yang terpantau normal.

“Ya prosentasenya imbang 50%-50% antara yang beli baru dan menjual kembali,” tambahnya.

Sementara Arsya (33), seorang pembeli mengatakan, ia memilih mengganti emas yang dikenakan dengan model baru. Menurut dia, selain untuk investasi juga untuk dikenakan sebagai perhiasan sehari-hari.

“Mumpung harganya lagi turun jadi bisa jual perhiasan yang lama dan membeli model baru,” ucap karyawati salah satu perusahaan swasta di Sampit.

(jun/beritasampit.co.id)