Dua Desa di Barsel Dapat Bantuan PLTS dari Kementerian ESDM

IST/BERITA SAMPIT - Kasubag Ekonomi dan SDM Setda Barsel, Hugo Y. Nathanael.

BUNTOK – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel) untuk dua desa yang berada di dua wilayah kecamatan.

Adapun dua desa tersebut yakni Desa Muara Ripung Kecamatan Dusun Selatan (Dusel) dan Dusun Muara Malungai di Desa Bintang Ara Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA).

Kasubag Ekonomi dan SDM Sekretariat Daerah (Setda) Barsel Hugo Y. Nathanael kepada awak media, Kamis 7 Oktober 2021 mengatakan, bantuan PLTS ini merupakan kerjasama antara Kementerian ESDM dengan United Nations Development Program (UNDP).

BACA JUGA:   Seluruh Cabor Terima LPJ Pengurus KONI Barsel Periode 2017-2021

Kata Dia, PLTS di Dusun Muara Malungai akan dipindahkan ke Desa Danau Masura yang berada di wilayah Kecamatan Dusel dikarenakan pada tahun 2020 lalu aliran listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah masuk di Dusun Muara Malungai.

Hugo mengungkap, dari 23 desa diseluruh Indonesia juga telah mendapatkan bantuan PLTS dari pihak Kementerian ESDM termasuk dua desa yang ada di Kabupaten Barsel yakni Desa Muara Ripung dan Dusun Muara Malungai.

BACA JUGA:   Gubernur Kalteng Pantau Potensi Pertanian dan Perikanan di Dua Kabupaten

Lebih lanjut ditambahkannya, bahwa bantuan PLTS ini telah diusulkan pada tahun 2019 lalu namun baru direalisasikan pada tahun 2021 ini dan selanjutnya pada Januari tahun 2022 mendatang PLTS ini mulai dikerjakan.

“Pada bulan Januari tahun 2022 mendatang, untuk PLTS ini fisiknya akan mulai dikerjakan,” pungkas Hugo. (Ded/beritasampit.co.id).