Kopi Jenis Arabika Dinilai Potensial Jika Dikembangkan di Dapil III

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Seruyan Atini

KUALA PEMBUANG – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan menilai jika jenis tanaman kopi Arabika lebih bagus dikembangkan di daerah pemilihan (dapil) III yang meliputi Kecamatan Seruyan Tengah, Seruyan Hulu, Batu Ampar dan Suling Tambun.

“Sebenarnya yang bagus dan potensial untuk dikembangkan jika berbicara perkebunan kopi di dapil III itu adalah yang jenis Arabika,” kata Anggota DPRD Seruyan Atinita, Kamis, 7 Oktober 2021.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Dia menyebut, jika dibandingkan dengan jenis tanaman kopi Robusta, tentu Arabika mempunyai keunggulan tersendiri yang membuat jenis tersebut dinilai lebih bagus untuk dikembangkan.

Menurutnya, untuk jenis Robusta sendiri dinilai memiliki kulit yang terlalu tebal sehingga membuat isi kopi di dalamnya terlalu kecil. Disamping itu, daun dari jenis kopi Arabika juga bisa dijadikan sebagai lalapan, sedangkan untuk daun Robusta sendiri memiliki rasa yang sedikit pahit.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Maka dari itu, dirinya meminta kepada pemerintah daerah melalui dinas terkaitnya untuk lebih memperhatikan sektor perkebunan yang ada di dapil III khususnya pembinaan kepada masyarakat.

“Dengan adanya potensi dari sektor perkebunan kopi tersebut, tentu bisa jadi perhatian tersendiri. Salah satu hal penting adalah pembinaan kepada masyarakat, nanti untuk segala jenis tanaman kopi itu akan mengikuti saja,” jelasnya.