PT BGA Sumbang 500 Bibit Pohon Bungur untuk Penghijauan Lingkungan RS Pratama Kutaringin

MAN/BERITA SAMPIT - Bupati Kotawaringin Barat Hj. Nurhidayah secara simbolis menerima bibit pohon Bungur dari Koordinator CSR PT. BGA Rudiyaksa.

PANGKALAN BUN – PT. Bumitama Gunaja Abadi (BGA) yang berdomisili di wilayah Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) telah menyumbangkan 500 bibit pohon Bungur untuk penghijauan lingkungan Rumah Sakit (RS) Pratama Kutaringin.

“Dalam rangka memberikan nuansa asri dan teduh di areal Rumah Sakit Pratama Kutaringin Kecamatan Kotawaringin Lama, PT Bumitama Gunajaya Abadi (BGA) memberikan sumbangan berupa 500 bibit pohon Bungur,” kata Rudiyaksa Koordinator CSR PT BGA kepada awak media usai serah terima bibit.

Bibit pohon Bungur yang diserahkan secara simbolis oleh Rudiyaksa kepada Bupati Kobar Hj. Nurhidayah, pada Rabu, 6 September 2021 tersebut, selain untuk penghijauan, tujuannya juga untuk melestarikan jenis tanaman langka lokal.

Sehingga, 500 bibit pohon Bungur ini mendukung program penghijauan yang selama ini dicanangkan Pemerintah, khususnya program penghijauan di lingkungan Rumah Sakit Pratama Kutaringin.

“Bibit pohon yang kita serahkan ke Pemerintah Daerah Kobar untuk program penghijauan lingkungan rumah sakit, pohon lokal yang sudah sangat jarang ditemui. Selain itu jenis pohon Bungur ini sangat tepat untuk lingkungan rumah sakit, karena pohon Bungur saat besar rindang. Selain itu, pada musim tertentu pohon juga berbunga indah,” kata Rudiyaksa.

Menurut Rudiyaksa, bunga dari pohon Bungur ini bisa untuk terapi, sehingga pohon ini multi fungsi, selain untuk keindahan lingkungan rumah sakit juga memberikan dampak positif bagi pasien yang tengah menjalani perawatan.

Dengan upaya yang dilakukan ini sekaligus untuk melestarikan pohon lokal, mengingat keberadaan pohon Bungur sudah jarang ditemui. Program ini merupakan CSR perusahan peduli lingkungan.

Sementara itu, Bupati Kobar Hj. Nurhidayah menyambut baik upaya yang dilakukan PT BGA membantu bibit pohon dalam rangka menghijaukan lingkungan Rumah Sakit Pratama Kutaringin. Jumlahnya ada 500 bibit pohon yang nanti bisa ditanam di lingkungan rumah sakit.

“Kami sangat berterimakasih dan apresiasi kepada PT BGA yang telah menyalurkan bantuan bibit pohon untuk penghijauan rumah sakit. Sehingga lahan dengan luas 4,5 hektare nantinya tidak gersang lagi, malah akan semakin hijau,” ujar Dia.

Nurhidayah juga mengatakan, bahwa pohon Bungur sekarang ini memang sulit untuk ditemukan. “Jadi saya juga mengimbau kepada pihak Rumah Sakit agar tanaman Bungur ini dipelihara dengan baik,” pungkasnya. (Man/beritasampit.co.id).