Kapolres Kobar Cek Kedisiplinan dan Kepatuhan Personel

Man/BERITA SAMPIT : Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah dan Wakapolres Kompol Boni Arifianto, saat melaksanakan 3 kegiatan, Pemeriksaan Tampang Personil, Kendaraan Dinas dan Senpi, dihalaman Mapolres Kobar.

PANGKALAN BUN – Kapolres Kotawaringin Barat (Kobar) AKBP Devy Firmansyah, didampingi Wakapolres Kompol Boni Arifianto, hampir 3 jam melaksanakan giat Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktiblin) bagi seluruh personelnya dihalaman Mapolres Sabtu, 9 September 2021.

Pemeriksaan yang dilakukan Kapolres dan Wakapolres, mulai dari sikap tampang personil, serta kelengkapan surat-surat identitas pribadi serta peralatan protokol kesehatan (Prokes) seperti masker, sarung tangan dan handsanitizer yang wajib dimiliki oleh seorang Anggota Polri.

Kemudian dilanjutkan, melakukan pemeriksaan satu persatu seluruh kendaraan Dinas R-2, R-4 dan R-6 yang meliputi kebersihan, lampu depan, lampu belakang, plat nomor, ban, sirine dan rotator serta kelengkapan kendaraan lainnya.

Dan terakhir, memeriksa pemeriksaan senjata api / Senpi inventaris yang dipegang personel maupun piket penjagaan.Pemeriksaan senpi organik milik Polres Kobar dipimpin oleh Kasie Propam Iptu Isbenu Raharja bersama personel Propam Polres Kobar.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Kobar: Penyerahan Laporan Keuangan Kepada BPK Berdasarkan PPU Wajib Dilaksanakan Seluruh Pemda

“Kegiatan pemeriksaan sikap tampang dan kelengkapan diri anggota ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keiapsiagaan anggota dalam berpenampilan dan melengkapi diri pada saat bertugas serta menjaga diri dari hal–hal yang tidak kita inginkan,” kata Kapolres.

Sementara itu, usai giat mengecek kondisi kendaraan dinas lanjut Kapolres tujuannya untuk mengecek kesiapan kendaraan dinas, sehingga dalam pelaksanaan tugas lebih siap memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Kegiatan pemeriksaan kendaraan dinas ini dilaksanakan secara berkala, dimaksudkan untuk mengetahui secara fisik kesiapsiagaan kendaraan dinas yang digunakan dalam rangka memberikan pelayanan kepada warga masyarakat khususnya yang ada di wilayah hukum Polres Kobar,” ujarnya.

BACA JUGA:   Posyandu Aisyiah Pangkalan Bun Peduli dan Periksa Kesehatan Ibu-Ibu Lansia

Usai melakukan pemeriksaan dan pengecekan Senpi, Kapolres mengatakan pengecekan ini terkait kelayakan personel pemegang senpi maupun senpi yang dipinjam pakai agar selalu sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Terpisah, Kasie Propam Iptu Isbenu Raharja mengatakan pihaknya melak sanakan kegiatan menindaklanjuti arahan pimpinan.

“Detailnya pemeriksaan ini meliputi kondisi senpi, jumlah amunisi dan kepemilikan Surat Ijin Memegang Senjata Api (SIMSA), hal ini dilakukan agar meminimalisir terjadinya penyalah gunakan senjata api dinas serta penginven tarisiran secara berkala”, ungkap Isbenu Raharja.

(man/beritasampit.co.id).