Sepasang Induk dan Anak Orang Utan di Desa Bapanggang Kotim Berhasil Dievakuasi BKSDA

IST/BERITA SAMPIT - Salah seorang petugas sedang membopong seekor orang utan betina yang berhasil ditangkap Tim Rescue BKSDA SKW II Kalteng, di Desa Bapanggang Raya, Kabupaten Kotim, Sabtu 9 Oktober 2021.

SAMPIT – Tim Rescue Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Wilayah II Kalimantan Tengah, dan Yayasan OFI yang diterjunkan berhasil menangkap dan mengevakuasi sepasang induk dan anak orang utan di kebun karet warga Desa Bapanggang Raya, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Sabtu 9 Oktober 2021, sore.

Proses penangkapan yang menggunakan tembakan bius tersebut memakan waktu kurang lebih 2 jam lamanya, sebab petugas harus ekstra berhati-hati mendekat agar orang utan tidak stres, sehingga tidak mudah berpindah tempat.

BACA JUGA:   Kaukus Perempuan Parlemen Kotim Diminta Bantu Edukasi Vaksinasi

“Untuk induk orang utan berjenis kelamin betina diperkirakan berusia sekitar 18 tahun, sedangkan anaknya berjenis kelamin jantan sekitar 2 tahun,” kata Komandan Pos Jaga BKSDA Sampit, Kalimantan Tengah Muriansyah.

Sementara dari hasil pemeriksaan kesehatan, kondisi kedua primata dilindungi tersebut dalam keadaan sehat dan tidak ada yang terluka.

“Setelah melakukan pemeriksaan dan memastikan hewan itu sehat, tim rescue hari ini juga langsung membawa kedua individu orang utan itu ke Seksi Wilayah II Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat,” tandasnya. (Cha/beritasampit.co.id).