63 Rumah Hangus Terbakar di Desa Naru Bima

IST/BERITA SAMPIT - Kondisi puing-puing rumah terbakar di Desa Naru, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, Minggu 10 Oktober 2021.

BIMA – Sebanyak 63 rumah panggung dan permanen dilaporkan terbakar di Desa Naru, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu 10 Oktober 2021 sekitar pukul 14.00 WITA.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, M. Candra Kusuma, AP mengatakan, peristiwa kebakaran puluhan rumah tersebut belum diketahui secara pasti penyebabnya.

“Informasi sementara dari warga dan Camat bahwa kebakaran disebabkan dari api pembakaran sampah. Tapi ini belum final, baru informasi awal dari Pak Camat,” katanya.

Untuk sementara, kata dia, tidak ada korban jiwa maupun warga luka-luka dalam musibah tersebut. Namun, sebanyak 63 kepala keluarga harus mengungsi karena rumah dan harta bendanya terbakar.

BACA JUGA:   Sejumlah Orang Terluka saat Kebakaran, Satu Harus Operasi

“Kami sudah bangun tenda untuk para pengungsi, dan kami juga sudah menyalurkan bantuan tanggap darurat berupa ratusan nasi bungkus sesuai perintah Bupati Bima,” ujar Candra.

Ia mengatakan para petugas pemadam kebakaran bersama warga bahu membahu menyiramkan air menggunakan dua unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit mobil tangki. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.30 WITA.

Hingga pukul 19.00 WITA, kata dia, petugas pemadam kebakaran bersama warga masih melakukan pendinginan agar api tidak kembali menyala.

“Kami kesulitan memadamkan api secara cepat karena kondisi bangunan yang terbakar banyak terbuat dari kayu, ditambah angin yang cukup kencang,” ucap Candra dikutip Antara.

BACA JUGA:   Tidak Terlibat Pungli Parkir, Penanggung Jawab SPBU Km 8 Tjilik Riwut: Kami Tidak Berani Main-Main dengan Penyaluran BBM Subsidi

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diterima beritasampit.co.id, kronologis peristiwa itu, awalnya sekitar pada pukul 14.00 WITA api muncul di rumah salah satu warga atas nama Afnah, yang diduga karena arus pendek listrik, sehingga masyarakat berupaya padamkan api.

Namun, karena saat ini di Bima kemarau dan angin kencang sehingga api makin membesar dan menyebar dengan cepat ke rumah warga lainnya.

Selanjutnya sekitar pukul 14.40 WITA sejumlah mobil pemadam kebakaran Kecamatan Sape disusul mobil pemadam Kecamatan Wawo tiba di TKP dan berupaya padamkan api yang dibantu warga sekitar. Api dipadamkan secara total sekitar pukul 16.00 WITA. (Antara/beritasampit.co.id).