Bantu Warga Di Pesisir Kalsel, Lanal Banjarmasin Gelar Khitanan Massal dan Bagikan Ratusan Paket Sembako

TNI Angkatan Laut dari Lanal Banjarmasin, Senin 11 Oktober 2021) menggelar khitanan massal untuk membantu warga kurang mampu di pesisir Kalsel, di Desa Sungai Rasau, Kecamatan Bumi Makmur, Kabupaten Tanah Laut.//Ist-FOTO ANTARA/Firman;

BANJARMASIN – TNI Angkatan Laut (AL) menggelar khitanan massal untuk membantu warga kurang mampu di pesisir Kalimantan Selatan (Kalsel) yaitu di Desa Sungai Rasau, Kecamatan Bumi Makmur, Kabupaten Tanah Laut.

Kecamatan ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebelah barat, dimana mayoritas masyarakatnya adalah nelayan dan sebagian lagi petani

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr Hanla, menjelaskan, Bakti Sosial Lanal Banjarmasin tersebut menjadi rangkaian memperingati Hari Kesehatan Angkatan Laut tahun 2021 yang diperingati setiap 9 Oktober.

BACA JUGA:   Kemenkes: Vaksinasi Harus Dipercepat Menyusul Munculnya Varian Omicron

Dikatakan, bahwa khitanan gratis sangat ditunggu warga, terutama bagi mereka dari kalangan kurang mampu. Terlebih di masa pandemi COVID-19, ekonomi masyarakat semakin sulit.

Mengingat biaya khitan anak-anak ataupun remaja cukup tinggi berkisar antara Rp700 ribu hingga Rp1.500.000 tergantung dari metode yang digunakan, maka adanya khitanan gratis seperti yang dilaksanakan TNI AL sangat membantu masyarakat.

“Alhamdulilah bakti sosial khitanan massal ini disambut antusias masyarakat yang banyak membawa anaknya untuk dikhitan,” kata Danlanal Banjarmasin, dikutip dari Antara, Senin 11 Oktober 2021.

BACA JUGA:   Warga Banjarbaru Serbu Vaksinasi Massal Gratis Bakso dan Pulsa
TNI Angkatan Laut dari Lanal Banjarmasin, Kalsel, Senin (11/10/2021) membagikan ratusan paket sembako saat kegiatan khitanan massal di Desa Sungai Rasau, Kecamatan Bumi Makmur, Kabupaten Tanah Laut.//Ist-FOTO ANTARA/Firman;

Selain khitanan massal, juga dibagikan ratusan paket sembako kepada masyarakat pesisir setempat yang selama ini turut terdampak pandemi.

Danlanal menjelaskan, jajarannya akan terus melakukan bakti TNI untuk membantu masyarakat sekaligus mendukung program pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19, diantaranya serbuan vaksinasi maritim yang terus dilaksanakan menyasar warga pesisir dan masyarakat yang bekerja di sektor maritim. Termasuk kini memberikan vaksin terhadap pelajar dan mahasiswa guna mendukung pembelajaran tatap muka.

(Ant/BS-65)