Bupati Optimis Destinasi Wisata Sawah Tirta Mulya Mampu Dongkrak Ekonomi

Man/BERITA SAMPIT : Bupati Kobar Hj Nurhidayah, saat meresmikan Destinasi Wisata Sawah Tirta Mulya Desa Pangkalan Dewa.

PANGKALAN BUN – Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah meresmikan destinasi wisata Sawah Tirta Mulya di Desa Pangkalan Dewa Kecamatan Pangkalan Lada, keberadaan destinasi wisata tersebut guna mendongkrak perekonomian masyarakat, Selasa 12 September 2021.

Peresmian destinasi wisata sawah Tirta Mulya merupakan rangkaian HUT desa Pangkalan Dewa ke 16, alam kegiatan itu di hadiri juga Dandim 1014 Pangkalan Bun Letkol Arh Drajad Tri Putro, Kepala SOPD, Camat Pangkalan Lada dan Kepala desa se Kecamatan Pangkalan Lada.

“Destinasi wisata sawah Tirta Mulya ini harap dikelola dengan baik, dan secara bertahap perlu ditingkatkan lagi sarana dan prasarana, agar banyak yang tertarik mengunjungi ke lokasi ini, selain itu hal yang paling penting adalah gencarkan promosi,” kata Bupati Kobar Hj Nurhidayah.

Bupati juga menambahkan, sektor pariwisata merupakan salah satu program prioritas utama dalam pengembangan pembangunan, karena Kobar memiliki potensi yang besar, tinggal bagaimana cara mengelolanya, hal ini yang harus dilakukan oleh setiap desa untuk bisa menggali potensi desa.

“Sektor pariwisata sebagai skala prioritas dalam pembangunan daerah, karena untuk mengembangkan sektor ini tidak perlu biaya besar, tapi dapat memberikan manfaat yang begitu berarti pada sektor perekonomian masyarakat, sama halnya dengan destinasi wisata sawah Tirta Mulya, mau pun destinasi wisata lainnya yang ada di Kobar ini, efek dominonya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ” ujar Bupati.

Lanjut Bupati, sebagai percepatan pembangunan sektor pariwisata, pemerintah daerah pun mengimbangi dengan peningkatan infrastruktur di sentral ekonomi masyarakat, dengan kondisi infrastruktur yang memadai maka akan berdampak peningkatan sektor lainnya, termasuk pariwisata.

Sementara itu Kepala Desa Pangkalan Dewa Syamsul Hadi mengatakan, lahan yang telah disiapkan untuk pengembangan tanaman padi seluas 10 hektare, sementara untuk lokasi destinasi wisata sawah akan dikembangkan seluas 4 hektare, hingga saat ini baru lahan yang baru di tanam seluas 2 hektare.

“Lokasi destinasi wisata sawah Tirta Mulya ini di Kelola oleh desa, dalam pengembangannya secara bertahap, mengingat masih ada kendala banjir apabila musim hujan, dan sawah terendam banjir, nanum kami akan bangun Embung guna mengatasi masalah banjir itu,” pungkasnya.

(man/beritasampi.co.id)