Dewan Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

M.SLH/BERITA SAMPIT - Sekretaris Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Norhaini.

PALANGKA RAYA – Sekretaris Komisi B Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Norhaini mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap adanya potensi cuaca ekstrem yang terjadi saat ini.

“Dengan tingginya intensitas hujan dalam beberapa waktu terakhir ini masyarakat kita ingatkan untuk tetap waspadai serta berhati-hati saat beraktivitas dan terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan,” kata Norhaini melalui keterangan tertulis, Selasa 12 Oktober 2021.

Legislator dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) ini juga mengingatkan kepada masyarakat yang bermukim di bantaran sungai, yang sehari-harinya beraktivitas menggunakan transportasi jalur air untuk kegiatan mobilitas, rekreasi, maupun nelayan pencari ikan.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

Dia mengingatkan untuk lebih waspada terutama potensi arus deras yang dinilai mampu membahayakan keselamatan masyarakat saat beraktivitas di sungai.

“Ini perlu harus menjadi kewaspadaan bagi masyarakat kepada para pemilik kapal dan perahu juga harus menyediakan alat keselamatan diri, baik bagi pengendara maupun penumpang alat transportasi air dan juga pada saat terjadi hujan lebat, lebih baik untuk meminimalkan kegiatan di luar rumah,” tuturnya.

Norhaini meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) melalui instansi terkait, agar terus melakukan pengawasan terhadap moda transportasi air lebih ditingkatkan dan sosialisasi serta pengecekan terhadap kelayakan kapal penumpang, kapal rekreasi, maupun kapal nelayan harus lebih intens dilakukan. Kemudian, ketersedian alat keselamatan diri harus menjadi fokus untuk mencegah hal yang tak diinginkan.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

“Lebih baik mencegah sebelum terjadi hal-hal yang tak kita inginkan. Disinilah peran Pemerintah untuk bisa aktif untuk mengayomi masyarakat, agar mengutamakan keselamatan diri dan penumpang. Terlebih dalam cuaca ekstrim seperti saat ini,” tutup Norhaini. (M.Slh/beritasampit.co.id).