Upaya Tingkatkan Kualitas Guru Pemkot Palangka Raya Libatkan Perguruan Tinggi

Dekan FKIP UMPR Hendri (dua dari kiri) dan Kepala Dinas Pendidikan Palangka Raya Akhmad Fauliansyah (dua dari kanan) usai membahas program kerja sama peningkatan kualitas guru di Palangka Raya, beberapa waktu lalu.//Ist-ANTARA/FKIP UMPR;

PALANGKA RAYA – Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah melibatkan peran perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan kualitas guru di daerah itu.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Akhmad Fauliansyah, mengatakan, upaya peningkatan SDM guru ini sebagai salah satu cara Pemerintah Kota Palangka Raya dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang saat ini terganggu akibat pandemi COVID-19.

“Upaya peningkatan kualitas SDM para guru ini kita lakukan dengan kerja sama dengan Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Selain itu peningkatan SDM ini juga untuk meningkatkan kualifikasi pangkat/golongan tenaga guru khususnya di Kota Palangka Raya,” kata Akhmad Fauliansyah, dikutip dari Antara, Selasa 12 Oktober 2021.

Dijelaskan, program kerja sama tersebut sesuai dengan peraturan yang berlaku bagi guru yang ingin mengurus kenaikan pangkat dari golongan IV/a ke atas yang salah satu syaratnya harus memiliki karya ilmiah dipublikasikan pada jurnal terakreditasi.

BACA JUGA:   Dishub Palangka Raya Berikan Layanan Antar Jemput Gratis bagi Peserta Vaksinasi

Sementara, Dekan FKIP UMPR Hendri mengatakan pihaknya selalu siap berkontribusi dan mendukung serta bekerja sama untuk menyukseskan berbagai program pemerintah.

Kerja sama tersebut telah dikuatkan dengan dilaksanakannya pertemuan antara rombongan civitas academica FKIP UMPR dengan Disdik Kota Palangka Raya yang dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya dan dihadiri Ketua Program Studi PGSD Agung Riadin dan Bagian Kerjasama UMPR Rakhdinda Artha Qairy.

Pada pertemuan tersebut secara spesifik juga membahas program pengembangan sumber daya manusia, khususnya guru dalam rangka kenaikan pangkat/golongan.

“Kerja sama itu dalam rangka mendukung pengembangan kualitas sumber daya guru ini juga sebagai realisasi Caturdharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah,” katanya.

Pihaknya juga menawarkan program kerja sama terkait dengan pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru di ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah itu.

“Sehingga diharapkan nantinya setiap guru mampu membuat karya tulis ilimiah yang bisa dipublikasikan pada jurnal terakreditasi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhamadiyah Palangka Raya,” katanya.

BACA JUGA:   Semangati Warganya yang Sakit, Sugianto Pastikan Pelayanan Kesehatan Maksimal

Hendri menerangkan FKIP UMPR saat ini memiliki Jurnal Terkreditasi Sinta Yaitu Jurnal Pedagogik (Jurnal Pendidikan), Jurnal Tunas (Jurnal Prodi PGSD), Jurnal Bitnet (Jurnal Prodi Pendidikan Teknologi Informasi), Jurnal Neraca (Jurnal Prodi Pendidikian Ekonomi), dan Jurnal Suluh (Jurnal Bimbingan dan Konseling).

Ia menambahkan dalam waktu dekat akan menciptakan produk media pembelajaran berbasis informasi teknologi (IT) yang dibuat mahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Informasi dibimbing dosen IT.

“Yang mana media pembelajaran tersebut akan dihibahkan ke Dinas Kota Palangka Raya. Harapannya ke depan bisa membantu para guru dalam melaksanakan proses pembelajaran secara daring serta produk yang telah dibuat akan dipatenkan melalui lembaga Hak Kekayaan Intelektual,” katanya.

(Ant/BS-65/beritasampit.co.id)