Masuk ke Polres Kobar Wajib Scan Barcode Aplikasi PeduliLindungi

Man/BERITA SAMPIT : Kapolres Kobar AKBP Devy Fimansyah, saat melakukan Scan Bercode Aplikasi Peduli Lindungi, bersama sejumlah Anggotanya dan seorang warga di pintu masuk Mapolres Kobar.

PANGKALAN BUN – Meningkatkan pencegahan menyebaran Covid-19 dilingkungan Mapolres Kotawaringin Barat (Kobar), kini telah diterapkan peraturan baru. Yakni bagi siapapun yang masuk ke Mapolres Kobar, Wajib Scan Barcode Aplikasi Peduli Lindungi.

“Sebelum masuk Polres Kobar, setiap orang diwajibkan memindai QR code yang telah tersedia. Hal ini lantaran aplikasi PeduliLindungi dinilai dapat membantu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melaporkan lokasi dan riwayat perjalanan selama Pandemi Covid-19”, kata Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah, Rabu, 13 Oktober 2021.

Lanjut Kapolres, uji coba Scan Barcode Aplikasi Pedulu Lingkungan telah diterapkan kepada seluruh personel dan pengunjung yang akan masuk Mapolres.

“Jadi saat ini Polres Kobar telah memberlakukan aturan baru, yakni wajib melakukan Scan QR Code melalui aplikasi PeduliLindungi sebagai upaya skrining pada masyarakat yang akan mengakses layanan Kepolisian,” ujar Kapolres.

BACA JUGA:   Mantap! Mukhtarudin Kembali Salurkan 33.043 Dosis Vaksin Covid-19 untuk Kalteng

Kebijakan itu diberlakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di instansi Kepolisian sebagai upaya membantu pemerintah mengawasi aktivitas masyarakat dan menekan laju penyebaran Covid-19.

Penempatan QR Code aplikasi PeduliLindungi ditempatkan di beberapa titik strategis di Polres Kobar meliputi pintu penjagaan masuk Mako Polres Kobar dan pintu tempat pelayanan publik SPKTD (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Digital).

“Aplikasi PeduliLindungi di Polres Kobar berlaku untuk semua orang termasuk anggota dan tamu. Sebelum masuk Polres Kobar, mereka wajib memindai QR Code yang tersedia,” kata Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, aplikasi PeduliLindungi merupakan terobosan dari Pemerintah untuk mempermudah pengecekan atau tracing Covid-19 dan salah satu upaya akselerasi Vaksinasi. Oleh karena itu Polres Kobar menggunakan aplikasi ini kepada masyarakat dan instansinya.

BACA JUGA:   Polisi Ungkap, Pos Jaga Gudang Ekspedisi Jalan Iskandar Pangkalan Bun Tempat Transaksi Narkoba

“Diharapkan aplikasi PeduliLindungi diri ini akan terintegrasi dengan data hasil tes pemeriksaan Covid-19 dan vaksinasi Nasional, sehingga Kabupaten Kobar sebentar lagi menjadi zona hijau, karena covid-19 nya telah berlalu “, terang Kapolres.

Seraya menambahkan seluruh jajarannya di Wilayah Hukum Polres Kobar, selain tetap taat memathui protocol kesehatan, juga selalu menghimbau dan mengingatkan kepada masyarakat agar bersama-sama melakukan gerakan 5 M.

“Yaitu selalu Memakai masker Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Membatasi mobilisasi dan interaksi,” pungkas Kapolres.

(man/beritasampit.co.id).