Pengelolaan SDA Kalteng Harus Maksimal untuk Tingkatkan PAD

M.SLH/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi IV DPRD Kalteng Bidang Pembangunan dan Infrastruktur, H. Purman Jaya, S.Sos.

PALANGKA RAYA – Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Purman Jaya meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov), Kabupaten dan Kota agar dapat memaksimalkan pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA). Sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kata Dia, selama ini pemanfaatan SDA di Provinsi Kalteng belum sepenuhnya dikelola dengan baik, sehingga dengan kekayaan SDA yang dimilki Kalteng diharapkan dapat pengelolaannya dioptimalkan.

“Kita mencontohkan, dari sekian banyak SDA yang dihasilkan kebanyakannya keluar dari Kalteng dan hanya ada orang tertentu saja yang menikmatinya, padahal itu merupakan potensi untuk meningkatkan PAD,” terang H. Purman Jaya, di kantor Dewan, Rabu 13 Oktober 2021.

BACA JUGA:   Dewan Usul Protokol Kesehatan Dipatenkan Meski Tak Ada Covid-19

Wakil Rakyat Daerah Pemilihan (Dapil) IV, meliputi Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Barito Utara (Barut) Barito Timur (Bartim) dan Murung Raya ini menyebutkan, pada sektor ketahanan pangan juga Kalteng masih belum mampu mandiri dari segi pemenuhan stok. Selama ini kebanyakan komoditi pertanian maupun perikanan di datangkan dari provinsi lain.

Politisi dari Partai PKB ini mengungkapkan, beberapa komoditi yang menjadi salah satu usaha masyarakat terutama di wilayah pedesaan, seperti rotan dan karet juga saat ini dari segi harga masih belum memadai dan tentunya hal tersebut perlu menjadi perhatian Pemerintah dalam upaya mensejahterakan masyarakat.

BACA JUGA:   Kawasan Rawan Banjir Harus Segera Dilakukan Pemetaan

“Apabila semua itu dapat diperhatikan, maka daerah dan masyarakat dapat diuntungkan. Karena memang tujuan utama pemanfaatan SDA di suatu daerah kembalinya juga harus ke daerah itu sendiri. Jadi dari pemanfaatannya perlu lebih dimaksimalkan lagi,” tutup H. Purman Jaya. (M.Slh/beritasampit.co.id).