Kado HUT Kobar ke 62, Bupati Terima Piagam Penghargaan APE Dari Kementerian PPPA

Bupati Kobar Hj. Nurhidayah saat menerima Piagam Penghargaan APE 2021.

PANGKALAN BUN – Hanya beda 10 hari pasca Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-62 Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) (3 Oktober 2021), Bupati Hj. Nurhidayah menerima Piagam Penghargaan Parahita Ekapraya (APE) 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, sebagai Kado HUT Ke-62 tahun Kobar.

Piagam Penghargaan APE tersebut diserahkan Rabu, 13 Oktober 2021 merupakan penghargaan yang juga diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah di sejumlah daerah kabupaten dan kota Se-Indonesia, yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Acara pemberian penghargaan dilaksanakan secara virtual dan diikuti oleh Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah. Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Bupati Kobar Hj. Nurhidayah memberikan apresiasi kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) yang telah menginisiasi diselenggarakannya Anugrah Parahita Ekapraya (APE).

Nurhidayah mengatakan, APE ini sebagai salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di daerah.

Kata dia, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat terus berkomitmen untuk melaksanakan percepatan pengarusutamaan gender sesuai Amanat Presiden Nomor 9 Tahun 2000 yang merupakan strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

Ia berharap penghargaan ini akan benar-benar mampu menciptakan keadilan bagi SDM perempuan yang memang benar memiliki potensi di berbagai bidang pembangunan.

“Kita bersyukur Kotawaringin Barat menerima penghargaan APE Award ini, ini menjadi penghargaan atas komitmen kita bersama didalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender,” kata Nurhidayah.

“Semoga dengan komitmen bersama ini, makin memberikan ruang khususnya bagi kaum perempuan untuk bisa berkarya lebih lagi, dan kita sadari bahwa perempuan memiliki banyak potensi, kesempatan dan ruang yang lebih lebar sehingga mereka bisa berkarya untuk masyarakat,“ pungkas Nurhidayah. (Man/beritasampit.co.id).