Pemkab Kotim Anggarkan Rp 30 M Perbaikan Jalan HM Arsyad

ILHAM/BERITA SAMPIT - Bupati Kotawaringin Timur H. Halikinnor.

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, telah menganggarkan sekitar Rp 30 miliar untuk memperbaiki kerusakan jalan HM. Arsyad di tahun 2022 mendatang.

Kerusakan jalan HM. Arsyad akibat sering dilintasi kendaraan angkutan berat ini, dampak dari jalan lingkar selatan yang putus, sehingga kendaraan yang berkapasitas melebihi kemampuan badan jalan beralih masuk melewati jalur kota.

“Jalan yang akan kita perbaiki tahun depan di HM Arsyad yakni dari perempatan lampu merah HM Arsyad- Pelita sampai ke bundaran KB,” kata Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor, Jumat 15 Oktober 2021.

BACA JUGA:   Belum Dapat Izin dari Perusahaan, Dua Desa di Cempaga Hulu Belum Dialiri Listrik

“Jika jalan lingkar selatan nanti sudah di aspal, kita akan melarang kendaraan berat masuk melewati jalan kota. Apa lagi kita telah mengeluarkan anggaran cukup besar untuk memperbaiki jalan HM Arsyad nantinya,” tegas Halikin.

Sebelumnya, upaya melanjutkan perawatan jalan HM Arsyad Sampit masih menjadi pertimbangan ditengah minimnya anggaran dampak dari Pandemi Covid-19 ini.

Apa lagi berdasarkan survei Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Kotim, dari perempatan lampu merah jalan HM Arsyad – Pelita sampai ke bundaran KB terdapat hampir 75 persen terjadi kerusakan.

BACA JUGA:   Kreatif! Rongsokan Disulap Jadi Rumah Baca di SMPN 4 Sampit

“Kalau pemeliharaan kita lakukan, takut umur jalan HM Arsyad itu tidak lama, otomatis akan buang-buang anggaran saja ,”kata Kepala Bidang Bina Marga DPUPRPRKP Kotim Mentana.

“Kerusakan hampir 4,4 km pada dua lajur kanan dan kiri, dari perempatan lampu merah Pelita sampai bundaran KB membuat kita lebih efektif mencari formula yang tepat, karena anggaran terbatas jadi harus hati-hati menggunakannya,”tutup Mentana.

(Cha/beritasampit.co.id)