Wakil Ketua II DPRD Mura: Media Punya Fungsi yang Vital

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua II DPRD Mura, Rahmanto Muhidin, SHI., MH.

PURUK CAHU – Media merupakan pilar keempat demokrasi, sehingga awak media harus berperan aktif menyampaikan fakta lapangan. media berperan menyajikan informasi sesuai fakta kepada masyarakat dan berpedoman pada kode etik jurnalistik dengan memberikan informasi yang positif.

“Media punya fungsi yang vital dalam beberapa kegiatan reses atau kunjungan kerja DPRD Mura. Agar bisa memberikan informasi dan gambaran serta aspirasi masyarakat,” kata Wakil Ketua II DPRD Mura, Rahmanto Muhidin, Jumat 15 Oktober 2021.

Ketua Fraksi PKB ini juga menyebutkan, DPRD sebagai lembaga legislatif merupakan lembaga perimbangan kekuasaan eksekutif yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan di daerah.

“Namun semua itu harus didukung peran aktif media massa agar berjalannya roda pemerintahan, bisa dilihat dan diketahui langsung oleh masyarakat,” tambah Rahmanto lagi.

Rahmanto juga berharap, agar media massa bisa terlibat langsung dalam pelaksanaan Kunjungan Kerja (Kunker) maupun reses. Sebab, kunjungan atau reses adalah waktu bagi DPRD Mura melakukan kunjungan keluar daerah maupun ke konstituen untuk menjalankan tugas-tugasnya sebagai wakil rakyat.

“Dan apa yang dilakukan, maupun aspirasi serta fakta lapangan wajib juga di publikasikan secara terbuka. Supaya masyarakat tau bahwa DPRD betul-betul menjalankan tugas dan tupoksinya sebagai penyambung aspirasi masyarakat,” pungkasnya. (Lulus/beritasampit.co.id).