Bangunan Sekolah di Desa Seragam Jaya Roboh, Praktisi Pendidikan Minta Pemerintah Turun Tangan

SAMPIT – Kondisi sangat memperihatinkan tampak jelas terlihat di salah satu bangunan SDN 4 Mentaya Seberang, Kecamatan Seranau, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Kontruksi bangunan yang berbahan dasar kayu tersebut roboh dengan kondisi atap yang masih utuh. Diketahui ruang bangunan yang peruntukan sebagai ruang perpustakaan itu tampak dibiarkan begitu saja sampai sekarang.

Salah satu praktisi pendidikan di Kotim menyayangkan hal tersebut dan terkesan Dinas Pendidikan setempat lambat dalam menangani hal itu. Padahal, bangunan yang sudah roboh dan dibiarkan seperti itu sangat berbahaya bagi aktivitas belajar mengajar.

BACA JUGA:   Sabu-sabu Seberat 12,97 Gram Berhasil Diamankan Polisi dari Pemuda di Desa Sebabi Kotim

Pria yang dikenal dengan nama lengkap Deny Hidayat ini menambahkan, seharusnya pihak sekolah, pengawas, Korwil setempat dan Dinas Pendidikan bisa segera memproses kerusakan sarana prasarana sekolah ini.

“Jangan sampai roboh seperti itu dan dibiarkan begitu saja. Seharusnya sebelum roboh dan bangunan sudah tidak layak seperti itu dapat dianggarkan dan menjadi prioritas dibidang pendidikan setiap tahun, padahal Dana Alokasi Khusus fisik (DAK) sekolah dapat dianggarkan melalui APBN baik untuk perbaikan ataupun bangunan baru,” kata Deny, Sabtu 16 Oktober 2021.

PARAH :IST/BERITASAMPIT – Kerusakan parah terlihat sangat jelas di bangunan milik SDN 4 Desa Seragam Jaya, Kecamatan Seranau.

Sekolah ini menurutnya perlu diprioritaskan di DAK fisik tahun 2022 nanti, karena itu menjadi kewajiban untuk memberikan sarana prasarana pendidikan yang layak. Ia berharap dinas Pendidikan setempat tanggap dan bergerak cepat dengan kondisi salah satu bangunan sekolah yang roboh ini.

BACA JUGA:   Anggota Koperasi PHL Kerumuni Kantor Diskop dan UMKM Kotim, Ada Apa?

“Jangan dibiarkan saja seperti itu. Kordinasi dan komunikasi yang baik harusnya dibangunan oleh semua pihak yang terkait, agar sarana prasarana pendidikan dapat terpenuhi standar kelayakannya, padahal SDN-4 Mentaya Seberang ini adalah satu-satunya SD di desa Seragam Raya, Kecamatan Seranau itu,” demikian Deny.

(im/beritasampit.co.id).