Akses Jalan Jadi Faktor Penting Untuk Keberhasilan Sektor Pertanian

Anggota DPRD Seruyan, Bejo Riyanto 

KUALA PEMBUANG – Jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan menyebutkan jika keberadaan jalan produksi tani yang memadai mempunyai peran penting dalam keberhasilan pengembangan dan peningkatan sektor pertanian.

“Tanpa terkecuali bagi Seruyan sendiri, maka dari itu kami mendorong kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui instansi terkaitnya agar bisa terus memperhatikan kelayakan jalan produksi tani yang ada di wilayah kita,” kata Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto, Senin 18 Oktober 2021.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Ia mengungkapkan, di wilayah sekitaran dalam kota sendiri masih banyak masyarakatnya yang berprofesi sebagai petani dan wilayah-wilayah persawahan masyarakat pun juga masih terhampar luas seperti di Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur.

“Misalnya saja di daerah Beriut, Kecamatan Seruyan Hilir itu wilayah persawahan masyarakat sangat luas sekali. Dan setiap sudutnya itu dihubungkan oleh jalan produksi pertanian,” ujarnya.

Menurutnya, memang sudah ada sebagian jalan produksi pertanian yang sudah dilakukan semenisasi, akan tetapi tidak bisa dipungkiri jika masih banyak jalan produksi tani yang belum memadai dan sulit untuk dilalui oleh masyarakat, terlebih bila musim hujan tiba.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

“Ini harus diperhatikan dan direalisasikan secara bertahap, supaya memudahkan para petani kita, karena salah satu hal penting dalam upaya pengembangan dan peningkatan sektor pertanian itu adalah sarana dan prasarananya termasuk akses jalan itu sendiri,” jelasnya.