Dinas Kesehatan Barito Utara Lakukan Bimbingan Akreditasi UPT Labkesda

Dinas Kesehatan Barito Utara melaksanakan bimbingan I akreditasi UPT Labkesda yang dihadiri Kadis Kesehatan Siswandoyo, Sekretaris Dinkes Pariadi, Tim pembimbing Akreditasi Labkes dari Kementerian Kesehatan drg Irfan Arifin M Kes dan dr Alexander K Ruslim SpPk, di aula Bappedalitbang, Muara Teweh, Senin 18 Oktober 2021.//Ist-FOTO ANTARA/Dok. Pribadi;

MUARA TEWEH – Upaya mewujudkan pelayanan yang bermutu, Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara melaksanakan bimbingan I akreditasi UPT Labkesda.

Kegiatan yang juga dihadiri Sekretaris Dinkes Pariadi, Tim pembimbing Akreditasi Labkes dari Kementerian Kesehatan drg Irfan Arifin M Kes dan dr Alexander K Ruslim SpPk, adalah untuk persiapan akreditasi unit pelaksana teknis (UPT) Laboratorium Kesehatan Daerah (labkesda) di daerah setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara, Siswandoyo, mengatakan, setelah terakreditasi Labkesda nantinya akan dapat melaksanakan uji klinis, melaksanakan pengujian kesehatan lingkungan diantaranya pengujian kesehatan udara dan limbah dan juga akan dapat menambah PAD bagi daerah.

“Tujuan dilaksanakannya workshop atau lokakarya ini untuk membantu laboratorium kesehatan dalam persiapan akreditasi laboratorium kesehatan baik dari sisi penyiapan dokumen regulasi, dokumen bukti dan implementasi standar akreditasi laboratorium kesehatan,” kata Siswandoyo dikutip dari Antara, Senin 18 Oktober 2021.

BACA JUGA:   Jembatan Pangulu Iban Diresmikan, Ini Harapan Bupati Barito Utara

Dalam proses bimbingan, laboratorium kesehatan didampingi secara detil klinis penerapan satandar dan penyusunan dokumen akreditasi labkes.

“Untuk itu saya mengharapkan kepada narasumber selaku pembimbing akreditasi labkes berkenan membagi ilmu pengetahuannya serta memberikan bimbingan akreditasi berupa analis situasi, pendampingan pembuatan dokumen serta penyiapan implementasi standar menajemen dan standar teknis akreditasi labkesda,” ujarnya.

Dia juga mengharapkan kepada pimpinan dan seluruh staf labolatorium (teknis, administrasi dan penunjang) wajib hadir dan bersunguh-sungguh mengikuti dengan seksama kegiatan bimbingan ini serta harus menindaklanjuti setiap masukan dan arahan tindak lanjut dari pembimbing.

“Saya sangat mengharapkan peserta wajib berhadir dan sungguh-sungguh mengikuti kegiatan bimbingan akreditasi ini,” kata Siswandoyo.

Kepala UPT Labkesda Rusdiana mengucapkan selamat datang kepada narasumber pusat bimbingan akreditasi labkes drg Irfan Arifin dan Alexander K Ruslim ke Kabupaten Barito Utara semoga dapat memberikan masukan dan arahan serta perbaikan agar persiapan akreditasi bisa lebih baik dan maksimal.

BACA JUGA:   Tahun 2022 UMK di Barut Rp3. 307.767, Simak Ulasannya!

“Kepada teman-teman seluruh staf labkes Kabupaten Barito Utara mari kita gunakan momen yang baik ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita,” katanya.

Dikatakannya, tahapan persiapan untuk akreditasi labotarorium kesehatan Kabupaten Barito Utara ada enam yaitu, workshop persiapan akreditasi, monitoring dan evaluasi kesiapan akreditasi, bimbingan I akreditasi, bimbingan II akreditasi, pra survey dan yang terakhir survey akreditasi.

“Kami sudah sampai pada tahapan yang ketiga. Dengan adanya bimbingan I ini diharapkan seluruh pegawai lapkes Barito Utara dapat memperoleh informasi dan acuan dalam proses akreditasi dan dapat bekerja sama, berupaya dan terlibat dalam proses pelaksanaan akreditasi labkes Dinkes Barito Utara hingga dapatkan hasil yang maksimal,” kata Rusdiana.

(Ant/BS-65/beritasampit.co.id)