Cegah Banjir, Bupati Seruyan Minta DPUPR Optimalkan Fungsi Saluran Drainase

AHMAD/BERITA SAMPIT - Bupati Seruyan Yulhaidir.

KUALA PEMBUANG – Bupati Seruyan Yulhaidir menginstruksikan kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (DPUPR) Seruyan agar bisa memaksimalkan fungsi saluran drainase yang ada di sejumlah titik dalam Kota Kuala Pembuang.

Dia menyebut, hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya bencana banjir di dalam kota baik itu yang menggenangi rumah warga maupun ruas-ruas jalan yang ada di wilayah setempat.

BACA JUGA:   Imbau Prokes, Polsek Danau Sembuluh Kunjungi Tokoh Agama

“Nanti daerah-daerah yang biasanya banjir itu dilakukan pengecekan dan tindaklanjuti supaya tidak tergenang lagi,” katanya.

Hal perlu dilakukan yakni dibuatkan saluran drainase atau pembuangan air yang memadai. Sehingga jika diguyur hujan dengan intensitas tinggi maupun air pasang rumah warga tidak lagi tergenang.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sistem pembangunan nantinya langsung menuju ke arah sungai besar meskipun harus membelah jalan dan dibuatkan gorong-gorong dengan ukuran 1,5×1,5 meter ataupun 1×1 meter.

BACA JUGA:   Satpolairud Polres Seruyan Imbau Warga Patuhi Protokol Kesehatan

“Yang penting airnya lancar dan tidak menyebabkan genangan. Karena saya ingin pada tahun 2022 atau 2023 tidak ada lagi genangan air di permukiman penduduk seperti di daerah belakang BRI dan lainnya, itu harus kita perhatikan,” pungkasnya.