Ketua DPRD Dukung Pembentukan MPA

Zuli Eko Prasetyo

KUALA PEMBUANG – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan mengapresiasi dan mendukung pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) yang ada di setiap desa di kabupaten setempat.

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo mengungkapkan, hal ini merupakan langkah bagus yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seruyan dalam rangka pengendalian dan pencegahan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah setempat.

“Tentu kita sangat mendukung dan mengapresiasi terhadap pembentukan MPA di setiap desa, ini merupakan salah satu langkah strategis dalam upaya pencegahan maupun penanganan karhutla,” katanya.

BACA JUGA:   Ketua DPRD Seruyan Apresiasi Aksi Tanam Pohon di Pantai Siamuk

Menurutnya, dalam hal pengendalian dan pencegahan karhutla sendiri memang sangat diperlukan peran dari seluruh lapisan masyarakat hingga pada tingkat desa.

Sehingga dengan adanya MPA ini, tentu akan memberikan kemudahan bagi pihak-pihak terkait dalam rangka pencegahan maupun pengendalian karhutla pada tingkat desa dan bisa bertindak sebagaimana yang telah dibekali dalam pelatihan yang digelar pada hari ini.

BACA JUGA:   Dewan Menilai Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial Perlu Ditingkatkan

“Itukan juga sudah mulai dilakukan pelatihan oleh BPBD terhadap MPA yang ada di setiap desa. Dan itu bisa menjadi bekal mereka agar dalam upaya di lapangan bisa berjalan sebagaimana mestinya serta sesuai dengan apa yang diharapkan. Sehingga dapat membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan Seruyan bebas karhutla,” pungkasnya.