Polri Siapkan 510 Personel, Amankan Presiden saat Resmikan Jembatan Sei Alalak

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan.//Ist-ANTARA/Firman;

BANJARMASIN – Sedikitnya 510 personel Polri di bawah komando Polresta Banjarmasin memberikan dukungan kelancaran penyelenggaraan pengamanan kunjungan Presiden Joko Widodo saat meresmikan Jembatan Sei Alalak di Kalimantan Selatan pada Kamis 21 Oktober 2021.

“Personel Polresta Banjarmasin 110 ditambah BKO Polda Kalsel dari Polres jajaran 400 personel jadi ada 510 personel mengamankan Banjarmasin saat kehadiran RI 1,” terang Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan, Rabu 20 Oktober 2021.

Selain personel yang telah ditentukan titik tugasnya, ada juga pasukan cadangan yang disiapkan jika terjadi hal-hal tak diinginkan ataupun munculnya gangguan keamanan.

“Misalnya ada penyampaian aspirasi dari kelompok masyarakat, semua sudah kita antisipasi dan telah dikoordinasikan bersama TNI sebagai komando pengamanan RI 1,” jelas Rachmat, dilansir dari Antara.

Sebagaimana instruksi Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo dalam surat telegram yang mengatur tentang pelaksanaan pengamanan saat ada kegiatan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo, ungkap dia, seluruh anggota Polri diminta tidak reaktif dan menyikapi aspirasi warga secara humanis.

Untuk itulah, Rachmat mengingatkan anggotanya di lapangan dapat mempedomani hal tersebut agar kelancaran kunjungan presiden terjaga sekaligus tak ada gejolak tak perlu.

Secara khusus dia juga menyinggung soal adanya potensi peristiwa kebakaran rumah penduduk yang kerap terjadi di Kota Banjarmasin akhir-akhir ini. Mengingat adanya kunjungan presiden, maka hal tersebut patut diantisipasi terutama terkait mobilitas kendaraan barisan pemadam kebakaran (BPK)

“Jadi misalnya terjadi kebakaran maka hanya BPK setempat atau satu kelurahan yang boleh meluncur ke lokasi. Jangan sampai terjadi gangguan arus lalu lintas di rute yang dilalui presiden,” ujar Rachmat.

Apel gelar pasukan pengamanan kunjungan kerja presiden dilaksanakan hari ini di Lapangan Kamboja Banjarmasin dipimpin Kepala Staf Korem 101/Antasari Kolonel Arh Heri Purwanto.

Sedangkan apel pengamanan kunjungan kerja presiden di Kabupaten Tanah Bumbu dipimpin Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah di halaman Makodim 1022/Tanah Bumbu.

Diketahui presiden juga bakal meresmikan pabrik Biodiesel milik Jhonlin Group di Kabupaten Tanah Bumbu sebelum meresmikan Jembatan Sei Alalak dan meninjau vaksinasi massal di RSUD dr H Moch Ansari Saleh.

(Antara/BS-65/beritasampit.co.id)

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan.//Ist-ANTARA/Firman;