Taklukkan Dynamo Kiev 0-1 Barcelona Raih Kemenangan Pertama di Liga Champions

Bek Barcelona Gerard Pique (kanan) merayakan golnya dalam pertandingan Grup E Liga Champions di Camp Nou, Barcelona, Spanyol pada 20 Oktober 2021.//Ist-ANTARA/REUTERS/ALBERT GEA

JAKARTA – Barcelona akhirnya meraih kemenangan pertama di Liga Champions musim ini setelah menekuk Dynamo Kiev 1-0 dalam lanjutan pertandingan Grup E di Camp Nou pada Rabu 20 Oktober 2021 malam WIB.

Menurut catatan laman resmi UEFA, satu-satunya gol dalam pertandingan itu dicetak oleh bek senior Gerard Pique di babak pertama.

Bermain di depan pendukungnya sendiri, Barcelona langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal.

Pada menit ke-2, Jordi Alba mengirim umpan silang yang disundul Sergino Dest di kotak penalti. Namun, bola masih melambung dari gawang Kiev.

Barcelona yang mendominasi penguasaan bola kembali menciptakan peluang pada menit ke-18. Luuk de Jong menyundul bola di depan gawang Kiev setelah menerima umpan tendangan bebas Memphis Depay, tetapi arah bola masih meleset di sisi kiri gawang.

Tuan rumah kembali mendapatkan peluang mencetak gol pada menit ke-21. Sepakan melengkung Luuk de Jong dari tepi kotak penalti masih bisa ditepis kiper George Buschan.

Barcelona akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-36. Umpan silang Alba dari sisi kiri menuju kotak penalti disambut Gerard Pique dengan tendangan voli yang mengoyak gawang Kiev. Skor menjadi 1-0.

Gol tersebut merupakan yang pertama bagi Barcelona di Liga Champions musim 2021-22.

Sejak gol itu, Kiev gagal mengembangkan permainan dan banyak menunggu di belakang untuk sesekali melancarkan serangan balik.

Namun, tidak ada shot on target yang mereka ciptakan di babak pertama. Skor 1-0 untuk tuan rumah bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, pelatih Ronald Koeman memasukkan Philippe Coutinho dan Ansu Fati untuk menambah daya kreativitas Barca di lini serang.

Ansu Fati mempunyai peluang emas untuk menambah keunggulan pada menit ke-53. Pemain berusia 18 tahun itu menerima bola di kotak penalti, tetapi posisinya yang membelakangi gawang membuatnya melepaskan tendangan voli spekulatif dan membuat bola melebar di sisi kanan gawang Buschan.

Sejak percobaan itu, Barcelona terus mendominasi penguasaan bola, tetapi minim peluang.

Pada menit ke-71, Coutinho sempat mendapat kesempatan lewat sepakan kaki kirinya dari dalam kotak penalti. Sayang, percobaan gelandang asal Brazil itu belum mengarah target.

Enam menit kemudian, Coutinho kembali mengancam lewat tembakan lob dari jarak jauh yang masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Kiev.

Kiev beberapa kali keluar dari tekanan Barcelona dan membangun serangan, tetapi seringkali gagal memberikan ancaman berarti ke gawang kawalan Marc-Andre ter Stegen.

Tak ada lagi gol yang tercipta hingga peluit panjang dibunyikan wasit, dan Barcelona mengamankan kemenangan pertama mereka di Liga Champions musim 2021-22.

Hasil ini membuka peluang Barcelona lolos ke fase gugur. Posisi mereka saat ini naik ke urutan ketiga dengan 3 poin, meninggalkan Kiev di posisi juru kunci yang baru mengoleksi 1 poin.

Susunan Pemain:

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen, Oscar Mingueza (Philippe Coutinho 46′), Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba, Pablo Gavira (Sergi Roberto 69′), Sergio Busquets, Frenkie de Jong, Sergino Dest, Luuk de Jong (Ansu Fati 46′), Memphis Depay (Sergio Aguero 75′)

Dynamo Kiev (4-4-1-1): George Buschan, Vitalii Mykolenko, Oleksandr Syrota, Illia Zabarnyi, Tomasz Kedziora (Oleksandr Tymchyk 78′), Mykola Shaparenko, Serhiy Sydorchuk, Carlos De Pena (Vitinho 61′), Vitaly Buyalsky (Eric Ramirez 85′), Viktor Tsigankov (Alexander Karavaev 85′), Vladyslav Supriaga (Denis Harmash 61′)

(Antara)