Pimpin Apel Pakai Sarung, Wabup Mura Minta Santri Ikut Bangun Daerah

Wakil Bupati Mura, Rejikinoor jadi inspektur upacara peringatan hari Santri.

PURUK CAHU- Wakil Bupati Murung Raya (Mura), Rejikinoor menjadi inspektur upacara (Irup) peringatan Hari Santri Nasional Ke-VI tahun 2021 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Kementrian Agama, Jalan KH. Ahmad Dahlan Puruk Cahu, Jumat 22 Oktober 2021.

Hadir dalam upacara tersebut, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Mura H. Budi Susetyo, Kepala Kemenag Mura H. Marzuki Rahman, beberapa Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes), serta santriwan dan santriwati perwakilan masing-masing Ponpes yang ada di Puruk Cahu.

Usai memimpin upacara, Wakil Bupati mengatakan, bahwa kalangan santri memiliki hari yang sangat istimewa, dimana tanggal 22 Oktober telah ditetapkan Presiden Joko Widodo menjadi hari santri melalui Keputusan Presiden nomor 22 tahun 2015 tentang Hari Santri.

BACA JUGA:   Pasca Pemilu, Polres Murung Raya Gelar Doa Lintas Agama

“Hari ini kita telah mengikuti upacara memperingati Hari Santri secara nasional dengan mengusung tema, Santri Siaga Jiwa dan Raga. Kita patut berbangga dengan santriwati/santriwan yang ada di Indonesia khususnya di Kabupaten Mura, harapan kita adalah dengan hari santri ini menjadikan santri yang kuat dan santri yang berjiwa untuk bangsa Indonesia dalam hal membangun keberagaman yang sifatnya untuk nasional,”Ujar Rejikinoor yang akrab disapa Kinoi itu.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Selain itu, Kata Kinoi, Santri juga harus siap dalam kondisi saat ini untuk melewati pandemi Covid-19 dengan baik. modal utama adalah tradisi kedisiplinan yang selama ini diajarkan kepada para santri, keteladanan dan sikap kehati-hatian pimpinan pesantren menjadi faktor utama keberhasilan mencegah penyebaran Covid-19.

“Maka dari itu, kami berpesan untuk para santri jadilah generasi yang berakhlak. setelah keluar dari santri membangun untuk negeri maupun daerah dalam hal kemajuan akhlak, kemanusiaan, beribadah dan beriman kepada Allah SWT,” pungkas Kinoi.

(Lulus/beritasampit.co.id)