Tol Sungai Sangat Membantu Kelancaran Distribusi Barang di Kotim

ILHAM/BERITA SAMPIT - Kepala KSOP Kelas III Sampit Agustinus Maun.

SAMPIT – Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas dan Pelabuhan Kelas III Sampit Agustinus Maun, mengapresiasi dan sangat mensupport terobosan yang dilakukan Pemerintah Daerah Kotawaringin Timur, dengan membuat jalur tol sungai.

Menurutnya apa yang dilakukan Pemerintah Kotim adalah hal yang tepat, selain akan membuahkan hasil untuk pendapatan daerah, namun yang terpenting mempermudah jalur distribusi barang yang masuk dari luar melalui pelabuhan Sampit.

“Sungai mentaya ini memiliki dua titik, dimana ketika surut draft atau kedangkalannya hanya sekitar 1 meter, ini tidak bagus untuk kelancaran distribusi barang melalui laut. Makanya ide membangun alur sungai berbayar itu satu solusi yang baik,”kata Agus, Jumat 22 Oktober 2021.

BACA JUGA:   Jumlah Pembangunan Tahun 2022 Berkurang, Ini Alasan Kepala Desa

Untuk saat ini, kapal angkutan yang memasuki Sampit melalui sungai memerlukan waktu cukup lama yakni 6 sampai 7 jam. Hal tersebut pastinya akan berdampak terhadap harga kebutuhan pokok yang ada di Kotim, karena untuk memasuki Sampit pengiriman barang sudah memakan biaya yang cukup tinggi.

“Dengan adanya alur berbayar itu, diharapkan distribusi barang masuk melalui laut selama 24 jam bisa beroperasi dan tidak terhalang lagi. Kami dari KSOP akan mempercepat itu dan akan mendorong distribusi barang ini bisa lancar. Karena dengan distribus lancar otomatis akan meningkat perekonomian di Kotim,”pungkasnya.

BACA JUGA:   Imigrasi Sampit Optimalkan Program Kerja 2022

(Cha/beritasampit.co.is)